Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelembung Dari Baking Soda dan Cuka

Jika kamu pergi ke taman bermain, ada orang yang suka meniupkan balon dari sabun tetapi bisa jadi sangat besar dan tahan lama. Nah tentu kamu juga ingin membuatnya bukan?

Nah berikut adalah cara kita dapat membuat balon sabun menggunakan bahan sederhana yang ada didapur. Kita akan menggunakan baking soda dan cuka. Tentu bahan ini sangat mudah ditemukan apalagi yang emaknya suka memasak. Balon yang akan kita buat ini akan tetap bedada di udara dan tidak akan jatuh ketanah.

Apa yang kita butuhkan?
1. 1/4 cup baking soda
2. 3/4 cup cuka
3. Air
4. Tongkat besar meniupnya
5. Mangkuk atau wadah tempat meletakkan larutan sabunnya.

Apa yang harus kita lakukan?
1. Letakkan 1/4 cup baking soda dalam wadah yang telah disediakan. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit cuka sehingga menghasilkan gelembung gelembung tetapi jangan sampai tumpah gelembungnya.

2. Langkah selanjutnya adalah meniup balon menggunakan tongkat tadi keudara. Setelah itu kalian akan melihat gelembungnya mengapung dan tetap diudara.

Apa yang sebenarnya terjadi?
Ketika baking soda dicampur dengan cuka, maka kedua zat ini akan bereaksi menghasilkan gelembung gelembung dan juga gas lain yaitu karbon dioksida. Karbon dioksida adalah gas yang lebih berat dibandingkan udara yang kebanyakan mengandung gas nitrogen dan oksigen.

Nah ketika kamu meniup balon tadi menggunakan tongkat, maka balon tersebut juga akan terisi udara. Jadi didalam balon terdapat tiga lapisan udara yaitu gas nitogen dan nitrogen serta gas karbon dioksida yang dihasilkan dari reaksi cuka dan baking soda tadi.

Jika kamu tidak punya baking soda atau cuka, kamu bisa bermain gelembung menggunakan air sabun. Waktu terbaik memainkannya adalah ketika hari panas dan berangin sehingga gelembung yang dihasilkan dapat terbang tinggi. Tetapi jika musim hujan tiba, maka gelembung udara tersebut tidak dapat terbang tinggi dan akan kembali jatuh ke tanah.

Nah, untuk membuatnya inilah bahan bahan yang kamu butuhkan.
1. Sabun cuci baju atau sabun mandi cair sebanyak 1/4 cup.
2. 1 cup air dengan suhu ruang.
3. 2 sendok makan sirup jagung atau kalau tidak.ada boleh menggunakan gliserin.
4. Wadah tempat mencampur bahan bahan.
5. Sendok makan
6. Alat untuk meniup balon.

Apa yang harus kita lakukan?
1. Masukkanlah air kedalam wadah, kemudian masukkan sirul jagung atau gliserin ke dalamnya.

2. Masukkan sabun yang telah disiapkan. Kemudian aduk merata.

3. Untuk hasil yang lebih baik, bungkuslah campuran zat tadi dengan plastik wrap, kemudian biarkan selama beberapa jam atau semalaman.

4. Kemudian untuk membuat balon yang besar, celupkanlah alat untuk meniup balon kemudian tiup perlahan. Setelah dia membesar barulah kalian tiup agak lebih keras sehingga gelembungnya lepas.

Apa yang terjadi?


Sumber : hometrainingtools.com

Bayangkanlah sebuah balon yang telah kamu tiup tadi. Balon ini akan berisi udara yang kita tiup dan udara ini ditutup oleh lapisan gelembung dan air. Campuran bahan ini tentu akan membuat balon akan lebih berat sehingga ia tidak akan bertahan lama diudara.

Lapisan yang membungkus udara pada gelembung sabun tersebut terdiri atas 3 lapisan. Lapisan paling luar adalah sabun, ditengah adalah air dan lapisan dalam adalah sabun. Balon yang dibuat dari sabun ini juga lebih mudah pecah.

Posting Komentar untuk "Gelembung Dari Baking Soda dan Cuka"