Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Berkebun Bisa Membuat Kita Lebih Sehat

Kita semua bergantung pada manfaat besar dan luas yang alam berikan kepada kita. Dari udara yang dibutuhkan untuk bernafas mulai dari lahir hingga sekarang, makanan, buah-buahan, sayur – sayuran, tanah tempat kita berjalan dan masih banyak lagi.

Jujur, bahwa kita sangat bergantung pada alam, tetapi karena sifat manusia yang arogan, kita melupakannya. Teknologi berkembang seiring berjalannya waktu dan membuat kita semakin jauh dengan alam. Gedung-gedung tinggi menjulang dan area hijau pun disulap menjadi mall. Kita menjadi sangat terfokus pada kehidupan modern padahal semua hal yang kita gunakan, kita makan dan kita nikmati adalah berasal dari alam.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa “berkontak” dengan alam tidak hanya meningkatkan kesehatan mental tetapi juga membantu melawan obesitas yang semakin hari semakin banyak penderitanya.

Tetapi apa maksudnya berkontak dengan alam ini? Apakah pergi jalan-jalan ke taman, naik gunung atau sebagainya? Tentu orang-orang yang sibuk bekerja sepanjang hari tidak akan punya waktu untuk itu. Toh, walaupun ada waktu, di kota-kota besar tentu sudah jarang ditemukan ruang terbuka hijau.

Nah bagaimanan caranya kita agar bisa tetap “berkontak” dengan alam? Salah satunya adalah dengan berkebun. Berkebun dapat membuat kita menjadi rileks, berkeringat dan membakar lemak dengan cara yang super mudah.

Berkebun juga bisa memberikan pemandangan yang indah disekitar rumah. Rumah menjadi lebih hijau dan udaranya juga menjadi lebih bersih. Dan yang paling penting adalah kita mendapatkan sumber makanan organik yang sehat.

Sekarang ini banyak makanan yang dijual di supermarket adalah makanan yang mengandung banyak pestisida serta hasil rekayasa genetika yang tentu tidak baik bagi kesehatan.

Ketika memulai berkebun, mungkin membutuhkan banyak biaya.  Kita harus beli beberapa peralatan standar untuk berkebun dan membeli bibit tanaman yang akan kita tanam. Kita juga harus membeli pupuk agar media tanah tempat kita menanam sayuran, bunga atau buah-buahan lebih bernutrisi.

Selain membeli, kita juga bisa membuat pupuk organik sendiri dari dedaunan yang ada disekitar rumah. Ini juga jadi alternatif yang baik untuk mebersihkan pekarangan.

Setelah itu pekerjaan kita berlanjut pada penanaman bibit. Bibit bisa ditanam ditanah yang lelah diberi pupuk agar tanaman memperoleh nutrisi untuk tumbuh besar dan sehat. Kita juga harus menyiramnya dalam periode tertentu agar tanamannya mendapatkan air. Tidak perlu menggunakan pestisidauntuk mengusir hama, karena biasanya jumlahnya tidaklah banyak. Daun yang terkena hama bisa kita singkirkan sehingga yang lain tidak kena.

Jika kita menanam bunga, kita bisa menanamnya dipot dan menatanya dengan baik. Tanaman dan bunga ini nantinya akan menjadi obat yang membuat hidup kita lebih baik. Tentu butuh proses yang lama agar kebun kita menjadi benar-benar menjadi kebun yang indah dan menghasilkan. Proses inilah yang harus kita nikmati.

Setelah semua kerja keras, keringat yang mencucur deras serta perawatan yang baik, pasti tanaman di kebun tumbuh dengan subur dan bisa dipanen. Kita bisa mendapatkan sayuran organik, buah-buahan organik dan pemandangan yang indah.

Berkebun membuat kita menjadi lebih mudah berkontak dengan alam karena ada disekitar kita. Kita yang stress dengan pekerjaan dikantor dapat merilekskan diri dengan memandang bunga yang indah dan pepohonan yang hijau.

Berkebun juga merupakan usaha kita peduli terhadap lingkungan. Sebagaimana kalian tahu, tanaman adalah penghasil oksigen yang kita gunakan untuk bernafas. Dengan berkebun, kita tidak hanya menyediakan oksigen untuk diri kita tetapi juga orang lain disekitar.

Berkebun juga bisa menjadi sarana untuk membuat orang lain sadar akan lingkungan. Membuat kita sadar bahwa kita tanpa alam bukanlah apa-apa. Coba bayangkan jika alam marah, banjir, longsor, gempa bumi, kelaparan, kekeringan dan banyak hal buruk lainnya yang akan terjadi. Jadi jagalah lingkungan maka lingkungan akan menjaga kita.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Berkebun Bisa Membuat Kita Lebih Sehat"