Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Kuliah S1 di PTN Favorit 2018? Ayo Daftar karena Proses Seleksinya Sudah Dimulai!

Bagi teman-teman yang sudah menginjak kelas tiga SMA/SMK/MA, pasti sudah punya banyangan nanti abis tamat sekolah mau kuliah S1 jurusan apa, dimana dan tentunya sudah mulai mencari berbagai macam informasi mengenai proses seleksinya.

Iya kan!

Pas banget kamu datang ke blog ini. Sebagai informasi terbaru  buat kamu guys, kemarin tepatnya tanggal 12 Janurai 2018, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (disingkat Kemenristekdikti) yang dikomandoi oleh pak Mohamad Nasir telah meresmikan tiga jenis seleksi yang bisa kamu ikuti untuk merebut kursi (bukan kursi caleg) di perguruan tinggi favoritmu.

Apa saja sih tiga seleksi itu?

Yang pertama dan yang seleksinya paling awal adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftarannya sendiri sudah dimulai sejak tanggal 13 Januari 2018. So, buat kamu yang ingin daftar segera hubungi pihak berwenang di sekolah kamu (misalnya kepala sekolah, wakil-wakilnya atau orang-orang taha usaha) dan persiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Kenapa harus menghubungi pihak sekolah? Alasannya adalah karena SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan rekam prestasi akademik (rapor) yang kamu peroleh selama kamu sekolah di SMA/SMK/MA (sampai rapor semester 5 saja).

Nilai tersebut akan diisikan oleh pihak sekolah melalui PDDS (Pangkalan Data sekolah dan Siswa) yang sudah bisa di akses sejak hari peresmian kemarin (12/1/2018).

SNMPTN 2018 diikuti oleh 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia dan tahun ini kuotanya cukup banyak yaitu minimal adalah 200.000 peserta yang bisa mendaftar.

Semakin banyak yang mendaftar tentunya peluang kamu masuk ke perguruan tinggi favoritmu akan semakin sulit. Berdasarkan ketentuan Kemenristek, jumlah kursi kuliah S1 yang bisa diperebutkan oleh siswa melalui seleksi SNMPTN hanya 30% saja.


Selain itu, tidak semua siswa di sekolah bisa mendaftar program seleksi ini. Kuota siswa yang bisa mendaftar SNMPTN didasarkan pada akreditasi sekolah kamu masing-masing, yaitu:
1. Sekolah dengan akreditasi A: 50% terbaik di sekolah.
2. Sekolah dengan akreditasi B; 30% terbaik di sekolah .
3. Sekolah dengan akreditasi C: 10% terbaik di sekolah.
4. Sekolah dengan akreditasi lain: 5 % terbaik di sekolah.

Oleh karena itu, SNMPTN merupakan seleksi yang benar- benar harus dipersiapkan dari awal kamu masuk SMA/SMK/MA. Mereka yang serius sekolah tentunya akan memiliki nilai akademik yang bagus dan punya peluang untuk masuk PTN favorit lebih besar, tanpa harus mengikuti tes-tes tertulis lagi.

Enak bukan!

Tapi, kamu yang ngak lulus jangan khawatis karena masih ada seleksi kedua dan ketiga yaitu SBMTPN dan Seleksi Mandiri. Kuota bangku kuliah yang kamu bisa perebutkan pun sama dengan SNMPTN yaitu masing-masing 30%.

Tapi ya itu, dua seleksi terakhir ini mengharuskan kamu belajar lebih giat lagi agar kamu dapat lolos seleksinya yaitu dengan mengerjakan berbagai macam ujian. Dan lagi, SBMPTN dan Seleksi Mandiri bisa diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 SMA/SMK/MA s-Indonesia. Jadi, persaingannya akan semakin ketak bukan!.

Tapi jangan takut, karena jika kamu persiapkan dengan baik maka kamu bisa lulus SBMPTN dan Seleksi Mandiri dengan mudah. Intinya, keinginan kamu untuk kuliah di PTN favorit harus besar sehingga kamu semangat mengikuti apapun itu proses seleksinya.

Terakhir, admin berikan kerangka resmi waktu pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018. Catet ya!, agar kamu tidak kelewatan proses seleksinya!

Berikut ini kerangka waktu pelaksanaan SNMPTN  2018:

  1. Pengisian dan Verifikasi PDSS: 13 Jan – 10 Februari 2018
  2. Pendaftaran: 21 Feb – 06 Maret 2018
  3. Pengumuman Hasil Seleksi: 17 April 2018
  4. Pendaftaran ulang peserta yang lulus di PTN masing-masing: 8 Mei 2018 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN)

Sedangkan SBMPTN 2018 diatur sebagai berikut:

  1. Pendaftaran online UTBC dan UTBK: 5 April – 27 April 2018
  2. Pelaksanaan UTBC dan UTBK: 8 Mei 2018
  3. Ujian Ketrampilan: 9 dan/atau 11 Mei 2018
  4. Pengumuman Hasil Seleksi: 3 Juli 2018

Untuk program beasiswa S1 2018 yang bisa kamu ikuti (misalnya bidik misi) akan di bahas dalam postingan lain.

Untuk lebih lengkapnya informasi menegnbai SNMPTN-SBMPTN 2018 kamu bisa akses laman resminya di:
1. http://www.snmptn.ac.id
2. http://halo.snmptn.ac.id
3. Call-center 0804-1-450 -450
4. http://www.sbmptn.ac.id
5. http://halo.sbmptn.ac.id

Posting Komentar untuk "Mau Kuliah S1 di PTN Favorit 2018? Ayo Daftar karena Proses Seleksinya Sudah Dimulai!"