Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal IPA Kelas 7 SMP {Kurikulum 2013} Materi Penyelidikan Dan Cabang-Cabang IPA Beserta Kunci Jawaban

Assalamu'alaikum rekan-rekan guru yang mulia, kali ini saya ingin berbagi kepaa rekan-rekan sekalin soal yang saya buat tentang materi IPA di kelas 7 SMP Kurikulum 2013 yaitu Penyelidikan IPA dan Cabang-Cabang IPA.

Biasanya kita kesulitan untuk membuat bahan evaluasi untuk materi IPA ini karena memang pembahasannya tidak terlalu banyak. Bagi rekan-rekan yang ingin membuat evaluasi pembelajaran bagi siswa yang rekan-rekan ajar, bisa menggunakan soal soal yang saya buat dibawah ini.

Soal ini saya buat berdasarkan materi dalam:
1. Buku IPA Kelas VII SMP Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017
2. Buku-Buku IPA Penunjang Untuk Materi Penyelidikan IPA dan Cabang-Cabang IPA

Oke, langsung saja, berikut Kumpulan Soal IPA Kelas 7 SMP {Kurikulum 2013} Materi Penyelidikan Dan Cabang-Cabang IPA.

Soal 1: Pengertian IPA
Jika seorang siswa ingin mempelajari sifat-sifat benda yang ada disekitarnya, maka siswa tersebut dapat mempelajarinya dalam ilmu . . . .
A. Ilmu Pengetahuan Sosial
B. Ilmu Pengetahuan Alam
C. Biologi
D. Kimia

Kunci Jawaban: B
Penjelasan:
Ilmu yang mempelajari tantang segala sesuatu yang ada disekitar kita disebut dengan Ilmu Pengetahuan Alam {IPA}.

Yang kita pelajari dapat berupa sifat-sifat benda, ciri-cirinya, serta interaksi diantara benda-benda tersebut.

Biologi dan Kimia merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam yang membahas secara spesifik tentang benda-benda yang ada disekitar kita. Misalnya, biologi mempelajari tentang makhluk hidup sementara kimia membahas tentang materi dan perubahannya.

Soal 2: Manfaat mempelajari IPA
Diantara pernyataan dibawah ini adalah manfaat yang diperoleh oleh siswa dengan mempelajari IPA, kecuali . . . .
A. Dapat menjelaskan apa dan mengapa sesautu yang ada di alam terjadi
B. Dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
C. Membantu untuk berfikir logis dan sistematis
D. Dapat mengetahui cara manusia dalam berinteraksi

Kunci Jawaban: D
Mengetahui cara manusia dalam berinteraksi dapat kita peroleh dengan mempelajari ilmu pengetahuan sosial, bukan IPA.

Selain manfaat mempelajari IPA yang terdapat pada soal diatas, siswa juga bia memperoleh manfaat lain seperti:

  1. Meningkatkan kualitas hidup. Dengan mempelajari IPA, seorang petani dapat menentukan kapan waktu cocok tanam yang tepat untuk produk pertaniannya.
  2. Hasil temuan yang duperoleh melalui penyelidikan IPA dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia.
  3. Membuat siswa tidak tergesa-gesa atau bersikap tenang dalam menghadapi suatu masalah. 


Soal 3
Tony adalah siswa kelas VII SMP. Ia ditugaskan oleh gurunya untuk mencari ciri-ciri dari daun bayam. Langkah pertama yang harus Tony lakukan agar dapat mengetahui ciri ciri dari daun bayam aalah . . . .
A. Observasi
B. Inferensi
C. Tabulasi
D. Konklusi

Kunci Jawaban: A
Untuk mengetahui ciri-ciri dari daun bayam, tentunya langkah pertama yang harus Tony lakukan adalah mengamati daun bayam. Proses mengamati/melakukan pengamatan disebut juga dengan orbservasi.

Soal 4
Yang dimaksud dengan inferensi pada penyelidikan IPA adalah  . . . .
A. Mengamati menggunakan panca indera
B. Melakukan pengukuran menggunakan alat ukur yang sesuai
C. Merumuskan penjelasan berdasarkan hasil pengamatan
D. Menyajikan hasil penyelidikan dalam bentuk tabel atau grafik.

Kunci Jawaban: C
Inferensi merupakan langkah kedua yang harus dilakukan dalam penyelidikan IPA. Maksud dari inferensi adalah merumuskan penjelasan berdasarkan hasil pengamatan.

Soal 5
Menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk grafik, tabel atau gambar merupakan tahapan penyelidikan IPA yaitu . . .
A. Pengamatan
B. Inferensi
C. Mengkomunikasikan
D. Menarik Kesimpulan

Kunci Jawaban: C

Soal 6
Perhatikan pernyataan berikut ini.
1. Keterampilan melakukan pengamatan
2. Keterampilan berfikir secara sistematis
3. Keterampilan menemukan hubungan-hubungan hasil pengamatan
4. Keterampilan mefsirkan atau membuat kesimpulan.
Diantara pernyataan diatas, keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang agar dapat melakukan penyelidikan IPA engan baik ditunjukkan oleh nomor  . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 1, 2 dan 3
D. 1, 2, 3 dan 4

Kunci Jawaban: D
Semua keterampilan tersebut harus dimiliki oleh seorang peneliti yang ingin melakukan penyelidikan IPA.

Soal 7
Yang menjadi objek pengamatan IPA adalah . . .
A. Makhluk hidup saja
B. Benda-benda mati
C. Benda-benda berukuran sangat kecil.
D. Seluruh benda yang terdapat dialam

Kunci Jawaban: D
Objek yang dipelajari dalam ilmu IPA adalah seluruh benda {baik makhluk hidup maupun benda mati, baik benda yang ukurannya sangat kecil/renik/mikroskopik maupun benda yang berukuran besar} yang terdapat di alam serta interaksi diantara benda-benda tersebut.

Soal 8
Ilmu IPA yang mempelajari tentang aspek mendasar alam seperti materi, energi, gaya atau cahaya disebut dengan  . . . .
A. Fisika
B. Kimia
C. Biologi
D. Ilmu Bumi dan Antariksa

Kunci Jawaban: A
Untuk penjelasan lainnya akan dijelaskan pada soal soal ibawah.

Soal 9
Seorang ilmuan bekerja di laboratorium. Ia ingin menyelidiki reaksi apa yang terjadi ketika mentos dimasukkan ke dalam minuman bersoda. Bidang ilmu IPA yang itekuni oleh ilmuan tersebut adalah . . . .
A. Fisika
B. Kimia
C. Biologi
D. Ilmu Bumi dan Antariksa

Kunci Jawaban: B
Kimia merupakan ilmu IPA yang membahas tentang penyusunan dan perubahan zat. Agar ilmuan dapat mengetahui reaksi yang terjadi ketika mentos dimasukkan ke dalam minuman bersoda, maka ia harus menekuni bidang ilmu kimia. Melalui ilmu kimia, ia dapat mengetahui zat penyusun mentos maupun minuman bersoda sehingga dapat menulis reaksi yang terjadi.

Soal 10
Astronot merupakan profesi yang sangat menantang. Agar dalam pekerjaannya tidak terjadi kesalahan yang membahayakan keselamatannya, astronot pasti sudah menekuni ilmu IPA bidang  . . .
A. Antropologi
B. Biologi
C. Ilmu Bumi dan Antariksa
D. Geografi

Kunci Jawaban: C

Nah, itulah 10 soal yang bisa saya bagikan untuk materi Penyelidikan dan Objek Pengamatan IPA. Karena materinya cukup terbatas, hanya 10 soal yang bisa saya buat. Semoga soal-soal ini bermanfaat buat rekan rekan yang sudah berkunjung ke blog ini. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal IPA Kelas 7 SMP {Kurikulum 2013} Materi Penyelidikan Dan Cabang-Cabang IPA Beserta Kunci Jawaban"