Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oksidasi Piruvat

Setelah piruvat dihasilkan dari jalur glikolisis, selanjutnya piruvat akan menjalani reaksi dekarboksilasi oksidatif/reaksi oksidasi mejadi asetil KoA. Reaksi ini terjadi dalam organ mitokondria sel dan dikatalisir oleh banyak enzim yang berbeda, yang bekerja secaraberurutan dalam suatu kompleks multi enzim. Komplesk multi enzim ini berikatan dengan membran internal mitokondria.

Secara keseluruhan, enzim – enzim yang bekerja pada reaksi ini disebut dengan kompleks piruvat dehidrogenase. Enzim ini mirip dengan enzim α - keto glutarat dehidrogenase pada siklus asam sitrat (siklus Kreb’s).

Oksidasi piruvat merupakan penghubung antara reaksi glikolisis dengan lintasan reaksi selanjutnya yaitu siklus asam sitrat/Kreb’s. Tahap ini akan mengkonversi glukosa (senyawa karbohidat) menjadi asam lemak dan lemak  atau dari senyawa non karbohidrat menjadi karbohidrat.

Berikut ringkasan reaksi yang terjadi pada tahap reaksi dekarboksilasi oksidatif piruvat.
1. Dengan adanya TDP (thiamine diphosfat), piruvat dekarboksilasi diubah menjadi derivat/senyawa turunan hidroksietil tiamin difosfat oleh komponen enzim piruvat dehidrogenase. Produk sisa yang dihasilkan adalah CO2.

2. Hidroksietil tiamin difosfat akan bertemu dengan lipoamid teroksidasi membentuk asetil lipoamid. Lipoamid teroksidasi merupakan suatu kelompok prostetik enzim dihidroksilipoil transasetilase. Padatahap ini TDP yang digunakan akan dilepas.

3. Selanjutnya, dengan bantuan KoA-SH, asetil lipoamid akan diubah menjadi asetil-KoA, dengan hasil samping berupa lipoamid tereduksi.

4. Siklus dekarboksilasi oksidatif asam piruvat akan selesai jika lipoamid lipoamid tereduksi yang terbentuk, dioksidasi kebali oleh flavoprotein, yang mengandung FAD dengan bantuan enzim dihidrolipoil dehidrogenase.

Flavoprotein akan mengalami reduksi sedangkan lipoamid akan teroksidasi. Falvoprotein yang tereduksi pada tahap ini akan dioksidasi kembali oleh NAD+, yang akhirnya akan memindahkan ekuivalen reaksi pada rantai respirasi.

Reaksi oksidai piruvat secara keseluruhan adalah sebagai berikut :

Piruvat + NAD+ + KoA ==> Asetil KoA + NADH + H+ + CO2

Yang perlu kalian ingat selalu adalah jumlah molekul yang dihasilkan dalam tiap tahap reaksi metobolisme karbohidrat. Pada glikolisis, reaksi terakhir menghasilkan dua buah molekul piruvat. Maka padatahap ini, jika satu molekul glukosa yang dimetabolisme akan menghasilkan dua buah molekul asetil KoA.

Jumlah molekul ini harus kalian ingat agar kita biasa menentukan jumlah ATP yang terbentuk scara keseluruhan pada reaksi metabolsime 1 buah molekul glukosa.

Posting Komentar untuk "Oksidasi Piruvat"