Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vitamin A

Kalian masih ingat tidak, wkatu kecil orang kelurahan sering ngasih vitamin A kepada kita setiap bulannya. Tahukah kalian apa itu vitamin A, struktur kimianya, metabolisme dan fungsinya bagi tubuh manusia?

Nah itulah yang akan disajikan dalam postingan kali ini.

Vitamin A adalah kelompok senyawa yang terdiri dari 3 buah biomolkul aktif yaitu :
1. Retinol ==> golongan alkohol
2. Retinal (retinaldehida) ==> golongan aldehid
3. Asam retinoid ==> golongan asam karboksilat

Vitamin A termasuk vitamin yang larut dalam lemak dan biasanya ditimbun didalamnya. Sehingga kita tidak perlu menyediakan vitamin ini setiap hari lewat makanan. Makanan yang mengandung vitamin A adalah susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, buah – buahan berwarna merah (cabe, pepaya, dll).

Karena larut dalam lemak, penyerapan vitamin tergantung pada penyerapan lemak. Jika penyerapan lemak terganggu, maka tubuh aan kekurangan vitamin – vitamin yang ada dalam lemak.

Tumbuhan tidak mensintesis vitamin A, tetapi didalamnya bisa terkandung karotenoid yang merupakan pro vitamin A. pro vitamin A itu mampu diubah oleh mukosa usus menjadi vitamin A. Salah satu tanaman yang mengandung karotenoid adalah wortel, ditandai yangberwarna oranye/jingga karena mengandung pro vitamin A ini.

Wortel sebagai salah satu sumber provitamin A. Image Source : By Bi-frie (talk) - Own work, CC BY 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=28006711
Retinol dan retinal adalah biomolekul aktif vitamin A yang mudah rusak karena teroksidasi. Oksidasi bisa dibebabkan oleh :
1. Panas atau keadaan lembab.
2. Bersentuhan dengan mineral mikro.
3. Masuk dalam lemak/minya yang sudah tengik.

Sehingga peyimpanan vitamin A jenis retinol dan retinal ini perlu diperhatikan dengan baik. Bisanya di apotek atau rumah saki, retinol disimpan dalam bentuk ampul, didalam kamar yang gelap dan suhu dibawah nol atau dalam tempat yang tetutup rapat dan diberi antioksidan. Hal ini dilakukan karena ia mudah teroksidasi oleh cahaya.

Memang vitamin yang merupakan golongan alkohol dan aldehid tidak begitu stabil sehingga mudah sekali berubah. Vitamin yang stabil biasanya adalah vitamin dalam bentuk ester asetat atau ester palmitat.

Kenapa tanaman bisa melindungi vitamin A didalamnya? Karena biasanya dalam tanaman juga terkandung vitamin E dan antioksidan alami yang melindungi vitamin A dari perubahan. Dalam kacang kedelai bahkan mengandung enzim lipoksigenase yang dapat merusak vitamin A melalui tahapn reaksi oksidasi. Tetapi vitamin A dalam kacang kedelai bisa dilindungi dengan cara pemanansan sempurna (dikeringkan atau direbus) sehingga enzim ini akan rusak.

Fungsi vitamin A bagi tubuh.
Secara umum ada tiga peranan penting vitamin A dalamtubuh yaitu :

  1. Membantu proses penglihatan pada tempat yang kekurangan cahaya dan menjaga kesehatan mata.
  2. Membantu proses metabolisme umum.
  3. Membantu proses reproduksi.

Metabolisme vitamin A dalam tubuh.

  1. Vitamin A dan provitamin A (beta-karoten) yang masuk ke tubuh diserap oleh usus halus dengan bantuan asam empedu (pembentukan micelle). Mereka diserap secara difusi pasif.
  2. Vitamin A dan karoten yang diserap bergabung dengan kilomikron dan kemudian diserap melalui saluran limfatik dan kemudian masuk ke dalam darah.
  3. Dari darah vitamin A dan keroten kan ditranspotasikan ke hati.
  4. Dihati, vitamin A akan digabungkan dengan asam plamitat (asamlemak) dalam bentuk retinil-palmitat.
  5. Bila dibutuhkan tubuh, senyawa retinil-palmitat akan diikat oleh protein pengikat retinol (PPR, disintesis dalam hati) kemudian dintranfer ke protein lain yaitu transthyretin untuk diangkut ke sel – sel tubuh yang memerlukannya.


Jika kita kebanyakan mengkonsumsi vitamin A, maka akan ada vitamin A yang tidak tergunakan oleh sel. Vitamin A yang tidak dibutuhkan sel ini akan diangkut oleh protein pengikat retinol seluler, sebagian dibawa kehati dan sebagian lagi akan disekresikan ke luar tubuh.

Vitamin A yang akan disekresikan pertama bergabung dengan asam empedu, kemudian disekresikan ke usus halus untuk dibaung melalui feses. Jadi biar ngak mubazir, makan makanan yang mengandung vitamin A secukupnya aja ya.

Karoten yang disekresikan oleh usus, diserap dengan cara yang sama dengan vitamin A, sebagian dikonversi menjadi retinol dan kemudian dimetabolisme seperticara diatas. Sebagian kecil disimpan dalam jaringan adiposa (jaringan peyimpanan lemak) dan yang tidak digunakan akan disekresikan keluar tubuh.

Tetapi kadang tidak semua karoten diubah menjadi vitamin A, sehingga akan diserap utuh dan masuk ke dalam sirkulasi tubuh sebagai antioksidan. Berikut beberapa hal yang menyebabkan gagasnya konversi karoten menjadi vitamin A(retinol).
1. Penyerapan tidak sempurna.
2. Ada sebagian ecil molekul karoten yang masuk ke saluran limfa.
3. Pemecahan karoten kurang efisien.

Penyakit akibat kekurangan vitamin A.
1. Rabun senja
2. Katarak
3. Infeksi saluran pernafasan.
4. Menurunnya daya tahan tubuh.
5. Kulit tampak tida sehat.
Dan masih banyak lagi.

Jadi konsumsilah vitamin A secara rutin, terutama dari makanan agar tubuh kita selalu sehat.

Posting Komentar untuk "Vitamin A"