Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zat Kimia Beracun Disekitar Kamu yang Wajib Kamu Ketahui

Kalian mungkin sudah mendengar dan mengetahui bahwa zat kimia beracun sangat berbehaya bagi tubuh. Tetapi tahukah kalian apa sebenarnya yang disebutdengan zat kimia beracun? Nah, tulisan kali ini menjelaskan kepada kalian apa ytang dimaksud dengan zat kimia beracun dan contoh – contoh nya dalam kehidupan sehari – hari.

Pengertian zat kimia beracun
Berdasarkan U.S Enviromental Protection Agency atau EPA mendefenisikan zat kimia beracun sebagai semua senyawa yang bisa berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia jika terhirup, termakan atau diserap oleh kulit.

Beberapa contoh zat kimia beracun yang bisa ditemukan di rumah.
Banyak bahan – bahan kebutuhan rumah tangga yang sebenarnya mengandung bahan kimia beracun seperti :
1. Pembersih saluran
2. Deterjen laundri
3. Fernis mebel
4. Bensin
5. Pestisida
6. Amonia
7. Pembersih toilet
8. Oli motor
9. Alkohol
10. Pemutih
11. Baterai asam

Walaupun bahan – bahan kimia diatas sebenarnya berguna, tetapi yang harus diingat adalah mereka harus digunakan dan dibuang sesuai pentunjuk yang ada di kemasan.

Beberapa contoh bahan kimia beracun alami.
Banyak zat kimia yang terdapat di alam bersifat beracun. Sebagai contoh, ada tanaman yang memproduksi zat kimia beracun untuk melindungi diri dari hama. Hewan seperti ular mengandung zat kimia beracun yang digunakan untuk melindungi diri dan menangkap mangsa.

Tetapi ada bahan kimia beracun yang terdapat dialam yang dihasilkan sebagai produk samping hasil metabolisme. Beberapa unsur dan mineral juga dapat bersifat beracun. Berikut beberapa contoh zat beracun yang terdapat di alam :
1. Merkuri / raksa
2. Bisa ular
3. Kafein dalam kopi, teh dan biji kakao
4. Arsenik
5. Hidrogen sulfida
6. Gas klorin
7. Asap

Bahan kimia beracun dari limbah laboratorium
Berdasarkan data OSHA (US Occupational Safety and Health Administration), beberapa beberapa zat kimia dalam bidang industri dan laboratorium bersifat beracun dan sangat berbahaya bagi lingkungan dan manusia. Berikut beberapa diantaranya :
1. Asetaldehid
2. Aseton
3. Akrolein
4. Bromin
5. Klorin
6. Sianogen
7. Isopropil  alkohol
8. Hidrogen peroksida dengan kadar lebih besardari 35%

Apakah semua zat kimia itu bersifat beracun?
Melabeli zat kimia sebagai zat beracun atau tidak beracun sebenarnya adalah sulit karena setiap senyawa bisa bersifat beracun, tergantung pada bagaimana ia terpapar pada manusia dan dosisnya.

Sebagai contoh, air bisa bersifat beracun jika kita minum dalam jumlah yang berlebihan. Senyawa kimia bisa bersifat beracun tergantung pada spesies, umur dan jenis kelamin. Misalnya coklat tidak beracun bagi manusia, tetapi beracun bagi anjig.

Oleh karena itu bisa kita katakan bahwa semua zat kimia itu beracun. Tetapi efek racunnya baru terlihat ketika pada dosis tertentu. senyawa kimia juga sangat dibutuhkan oleh tubuh dan ia bisa juga bersifat beracun. Sebagai contoh, unsur besi digunakan manusia untuk membentuk hemoglobin darah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi zat besi dapat menyebabkan kematian.

Beberapa tipe zat beracun :
Zat beracun dapat kita kategorikan menjadi 4 golongan yaitu sebagai berikut :

  1. Zat kimia beracun – yang termasuk golongan ini adalah unsur atau senyawa organik seperti merkuri dan karbon dioksida atau senyawa organik seperti metil alkohol.
  2. Zat biologi beracun – banyak organisme mengsekresikan zat beracun. Salah satunya adalah golongan organisme patogen seperti bakteri tetanus.
  3. Zat fisika beracun – racun golongan ini adalah racun yang mengganggu proses biologis seperti asbes dan silika.
  4. Zat radioaktif – zat radioatif memancarkan radiasi yang berbahaya bagi banyak organisme. Beberapa contohnya adalah radiasi sinar gamma dan radiasi microwave.

Posting Komentar untuk "Zat Kimia Beracun Disekitar Kamu yang Wajib Kamu Ketahui"