Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menghilangkan Efek Lengket dari Lem Super?

Pernahkah kalian mengalami pengalaman jari kalian saling menyatu, menempel dipipi atau baju menepel pada tubuh setelah terkena lem super? Ini tentu pengalaman yang menjengkelkan karena sangat sulit memisahkan sesuatu yang menempel jika terkena lem super.

Lem super memiliki sifat sebagai perekat yang sangat kuat dan cepat kering sehingga dapat menempelkan dua benda seketika. Kita mungkin sering mendengar bahwa lem super harus digunakan habis pada saat kemasannya nya dibuka. Hal ini untuk menghindarkan lemnya mengering.

Kadang – kadang dalam menggunakan lem super, kita tidak sengaja menuangkannya ke jari-jari tangan sehingga seringkali mereka juga ikut lengket. Efek lengketnya tidak akan hilang jika kita mencucinya karena mereka sudah mengering duluan.
Lalu bagaimanan carakita menghilangkan efek lengket dari lem super ini jika terjadi pada hal – hal tidak diinginkan? Kita bisa menggunkan aseton.

Dimana kalian bisa mendapatkan aseton di rumah?
Lem super mengandung senyawa sianoakrilat yang tahan terhadap air tetapi bisa larut dalam pelarut – pelarut organik seperti aseton. Kalian bisa mendapatkan aseton dari larutan penghilang/penghapus cat kuku. Tetapi pastikan juga bahwa dalam botolnya tertulis mengandung aseton karena jika tidak tentu tidak bisa kita pakai untuk melarutkan lem super.

Kalian juga bisa menemukan aseton murni pada toko – toko yang menjual perlengkapan alat – alat melukis. Aseton biasanya digunakan untuk melarutkan zat – zat warna.

Setelah mendapatkan aseton, kalian harus tahu bahwa senyawa kimia ini bersifat mudah terbakar dan beracun jadi jangan dihirup atau ditelan ya!. Senyawa ini juga bisa masuk ke tubuh lewat kulit sehingga sedapat mungkin setelah kamu menggunakannya untuk menghilangkan efek lengket lem super, segeralah cuci dengan aii dan sabun. Tambahkan juga pelembab pada kulit yang dioleskan seton, jika kalian punya.

Bagaimana cara menggunakan aseton untuk menghilangkan efek lengket lem super?
Untuk mengaplikasikan aseton, kalian harus lihat dulu bagian mana pada tubuh kalian yang lengket oleh lem super. Jika itu pada mata atau bibir, gunakan dengan hati ahati agar tidak tertelan atau masuk ke mata.

Melepaskan lem super dari pakaian
Aseton dapat digunakan untuk menghilangkan efek lengket lem super pada pakaian. Namun, aseton dapat membuat pakaian menjadi hitam dan mengubah tekstur pakaian. Tetapi tidak apa – apa dari pada lengket dan tidak bisa digunakan. Warna hitam nantinya akan hilang sendiri seiring dengan pencucian.

Tuangkan aseton pada kedua sisi pakaian yang terkena lem super kemudian gosok – gosok menggunakan jangi. Jangan lupa pakai sarung tangan terlebih dahulu ya!. Atau kalian bisa menggunakan sikat pakaian yang biasa digunakan untuk mencuci. Setelah lem nya larut, kalian perlu menuangkan lebih banyak aseton ke pakaian untuk melarutkannya. Jangan khawatir, aseton adalah zat kimia yang mudah menguap.

Setelah itu tinggal kalian cuci pakaiannya.

Menghilangkan sifat lengket lem super pada gelas.
Lem super tidak terlalu terikat kuat padabenda – benda yang terbuat dari kaca. Tetapi jika benda – benda itu lengket oleh lem super, pertama kalian dapat mengikisnya terlebih dahulu kemudian baru beri aseton untuk melarutkannya.

Jangan khawatir, aseton tidak memberikan efek negatif pada gelas. Tetapi jika kalian bisa mengikis lemnya sampai hambis sehingga gelas – gelas yang lengket memisah, maka tidak usah gunakan aseton.

Menghilangkan efek lengket lem super pada material yang terbuat dari kayu.
Aseton dapat melarutkan lem super yang menempel padapermukaan material kayu. Tetapi bisa jadi aseton dapat membuat pernis kayu meluntur dan menghitamkan beberapa bahan.

Cobalah untuk mengikisnya terlebih dahulu. Jika tidak bisa baru gunakan aseton.

Menghilangkan efek lengket lem super pada kulit.
Jari adalah bagian tubuh yang paling sering lengket ketika kita menggunkan lem super. Pertama kalian bisa menghilangkan efek lengket oleh lem super dengan cara merendam jari dalam air hangat lalu perlahan – lahan kelupaskan lemnya. Jangan tarik bagian lem yang terkelupas dengan kencang karena masih ada bagian yang menempel padakulit yang dikhawatirkan dapat melukai kulit.

Jika cara diatas tidak membersihkan lem super secara keseluruhan, maka kalian baru boleh menggunakan aseton. Oleskan sedikit cairan aseton pada kapas kemudian usapkan padabagian kulit yang lengket oleh lem super. Jangan gunakan terlalu banyak karena aseton itu bersifat beracun. Cukup gunakan sebanyak yang diperlukan untuk melepas nya dari kulit. Setelah itu bilas dengan sabun dan air sampai bersih.

Jika bagian yang lengket adalah kelopak mata dan bibir, maka biasanya akan sulit dan berbahaya jika dilepaskan menggunakan aseton. Saran terbaik adalah hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit terdekat.

Lem super yang mengenai bibir dan kelompak mata biasanya akan kering dengan cepat sehingga tidak memungkinkan untuk tertelan. Jika kalian tidak pergi ke dokter, maka kalian harus menunggu sel – sel dikelopak mata dan bibir tumbuh lagi kemudian baru lem itu bisa dilepaskan.

Untungnya sel – sel kelopak mata dan bibir beregenerasi dengan cepat sehingga lem secara alami bisa dilepaskan. Biasanya hanya butuh waktu 2 – 3 hari agarlem itu lepas dengan sendirinya. Jika kalian tidak mau menunggu, kalian bisa minta bantuan dokter.

Ingat, jangan gunakan aseton untuk membersihkan lem yang menempel di bibir dan kelopak mata karena akan sangat berbahaya!

Nah, itulah tips – tips yang bisa kalian lakukan kalau mengalami kejadian barabg barang atau kulit saling menempel akibat lem super. Semoga berguna.

1 komentar untuk "Bagaimana Cara Menghilangkan Efek Lengket dari Lem Super?"

  1. Bisa untuk kanvas/kain sepatu yg terkena lem dan mengeras ga kak??

    BalasHapus