Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi dan Fakta Ahli Kimia Terkenal – John Dalton

John Dalton merupakan seorang ahli kimia terkenal berkebangsaan Inggris. Selain dikenal sebagai ahli kimia, ia juga merupakan seorang ahli fisika dan meteorologi. Sumbangan paling terkenal Dalton pada ilmu pengetahuan adalah tentang teori atom dan penelitian tentang buta warna.
John Dalton. Image Source : Wikimediacommons.org
Berikut adalah informasi dasar tentang John Dalton
Lahir : 6 September 1766 di Eaglesfiled, Cumberland, Inggris
Meninggal : 27 Juli 1844 (umur 77 tahun) di Manchester, Inggris

Dalton lahir dari keluarga Quaker. Ia belajar dari ayahnya yang seorang penenun dan dari John Fletcher, seorang guru yang mengajar disekolah swasta.

John Dalton mual bekerja mencari nafkah untuk hidup mulai dari usia 10 tahun. Dia mulai mengajar disekolah setempat pada usia 12 tahun. John Dalton dan saudaranya mengelola sekolah Quaker. Dia tidak bisa memasuki bangku Universitas di Inggris karena ia merupakan seorang “Dissenter” (menentang untuk diminta bergabung dengan gereja Inggris).

Oleh karena itu ia belajar mengenai sains secara informal dari Hohn Gough. Dalton menjadi guru matematikan dan filsafat alam pada usia 27 tahun pada sebuah akademi yang juga merupakan pendukung disenter, di kota Manchester.

Dia mengundurkan diri dari akdemi tersebut dan menjadi tutor pribadi pada usia 34 tahun.

Penemuan ilmiah
John Dalton sebenarnya menerbitkan banyak buku dan penemuan dalam berbagai bidang termasuk matematika dan tata bahasa Inggris, tetapi ia paling dikenal karena teori dan penemuan di bidang sains.

Dalton menyimpan catatan cuaca harian dengan cermat. Dia menemukan kembali tentang teori sirkulasi Hadley. Dia percaya bahwa air terdiri dari 80% nitrogen dan 20 % oksigen. Tidak sama seperti rekan – rekannya yang lain yang menganggap bahwa air itu adalah unsur.

Dalton dan saudaranya merupakan penderita buta warna, tetapi penyakit ini pada waktu itu belum banyak didiskusikan dan dipelajari. Dalton berfikir bahwa persepsi warna yang dilihat oleh matanya mungkin disebabkan karena adanya perubahan warna pada cairan mata.

Dia percaya bahwa ada komponen turun temurun yang membuat seseorang sukar membedakan warna merah dan hijau. Meskipun teorinya tentang cairan pada mata yang mengubah warna sehingga sukar dibedakan tidak terlalu terkenal, tetapi konstribusinya tentang penyakit buta warna sangat melekat padanya.

John Dalton membuat serangkaian makalah yang menjelaskan tentang hukum – hukum gas. Hukumnya tentang tetakan parsial gas akhirnya dikenal dengan hukum Dalton. Selain itu Dalton juga menerbitkan tabel pertama tentang massa atom relatif unsur – unsur. Tabel yang dibuat Dalton terdiri dari 6 unsur, dengan massa realtif sama dengan hidrogen.

Teori  atom yang dikemukakan oleh Dalton mungkin adalah kontribusi ilmiah yang paling terkenal yang pernah dilakukannya. Dia mencoba memahami bagaimana hukum perbandingan bergandanya berkerja. Kunci dari teori atom yang dikemukakan oleh dalton adalah :

  1. Unsur dibuat dari partikel kecil yangdisebut dengan atom.
  2. Atom dari unsur yang sama identik dalam segala hal seperti ukuran dan massa.
  3. Atom dari unsur yang berbeda juga berbeda dalam segala hal termasuk ukuran dan massanya.
  4. Atom tidak bisa dibagi, dibuat baru atau dimusnahkan.
  5. Pada saat reaksi kimia terjadi, atom-atom hanya mengalami pemutusan, penataan ulang dan penggabungan kembali atom – atom sehingga tidak ada atom yang hilang atau bertambah.
  6. Atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan tertentu, bulat dan sederhana.

Beberapa poin dari teori atom Dalton terbukti salah. Misalnya atom itu ternyata bukan bagian terkecil dari suatu materi. Dalam atom ada lagi partikel kecil yang disebut elektron, proton dan neutron. Atom ternyata juga dapat dipecah menggunakan reaksi fusi dan fisi.

Teori atom Dalton juga mengatakan bahwa atom dari unsur yang sama identik dalam segala hal. tetapi itu hanya berlaku pada zaman dahulu karena sekarang sudah ditemukan isotop yaitu dua atom dari unsur yang sama tetapi memiliki massa yang berbeda.

Tetapi secara keseluruhan, terori – teori yang dikemukakan oleh Dalton sangatlah luar biasa dan menunjang pada perkembangan ilmu kimia di masa sekarang.

Fakta – fakta menarik seputar Dalton

  1. Salah satu murid dalton adalah seorang ahli fisika terkenal yaitu Presscott Joule.
  2. Dalton dihadiahi “Royal Medal” padatahun 1826 atas kerja dan sumbangannya dalam ilmu pengetahuan.
  3. Pada tahun 1810, Sir Humphy Davy secara pribadi telah meminta Dalton untuk mendaftar pada Royal Society of Chemistry, tetapi Dalton menolaknya. Pada thaun 1822 dijadikan salah satu kandidat tanpa sepengetahuannya dan akhirnya ia pun bergabung.
  4. Dalton tidak pernah menikah. Dia memiliki beberapa teman dekat dan menjalani kehidupan yang tenag dan sederhana.
  5. Dari tahun 1837 sampai ke kematiannya, Dalton menderita penyakit stroke. Tetapi ia tetap melakukan pekerjaanya. Pada tanggal 26 Juli 1844, tanggal yang seharusnya ia pergi untuk merekam pengukuran meteorologi, ia ditemukan meninggal oleh seorang petugas tepat disamping tempat tidurnya.

Nah itulah biografi singkat dan fakta menarik seputar John Dalton. Walaupun hidup dalam kesederhanaan, namun namanya masing diingat sampai sekarang.

Posting Komentar untuk "Biografi dan Fakta Ahli Kimia Terkenal – John Dalton"