Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 8 Tentang Memahami Posisi Titik terhadap Sumbu-x dan Sumbu-y

Agar kalian dapat memahami pembelajaran sistem koordinat khususnya materi posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y, maka perhatikanlah tutorial berikut ini ya! Soal – soal ini diinspirasi dari soal – soal pada buku paket matematikan kelas 8 SMP kurikulum 2013 dengan sedikit modifikasi versi saya, agar soal yang di buku bisa kamu kerjakan sendiri.

Ayo kita mulai !

Perhatikanlah bidang koordinat berikut!
 
Pertanyaan 1
Tentukan jarak dan arah titik A, C, F dan G dari sumbu x dan y?

Pembahasan :
Titik A memiliki koordinat (2,7) dengan 2 adalah nilai sumbu x (absis) dan 7 adalah nilai sumbu y (ordinat).

Titik A berjarak 7 satuan dari sumbu-x dan berada di sebelah atas sumbu-x sedangkan titik A itu berjarak 2 satuan dari sumbu-y dan berada di sebelah kanan sumbu-y.

Ternyata, jarak titik A terhadap sumbu x sama dengan nilai y (ordinat) koordinat titik A tersebut sedangkan jarak titik A terhadap sumbu y juga sama dengan nilia x (absis) koordinat titik A tersebut.

Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa :
Jarak suatu titik terhadap sumbu-x = y (ordinat) satuan
Jarak suatu titik terhadap sumbu-y = x (absis) satuan

Karena nilai x koordinat titik A bertanda positif, maka titik A itu terletak di sebelah atas (atas = positif) sumbu-x, sedangkan nilai y koordinat titik A juga bertanda positif, sehingga titik A berada di sebelah kanan sumbu-y.

Dari penjelasan ini juga dapat diambil kesimpulan bahwa :
Suatu titik akan berada diatas sumbu-x, jika nilai y (ordinatnya) koordinat titik itu bertanda + dan suatu titik akan berada dibawah sumbu-x jika nilai y koordinat titik itu bertanda -.

Suatu titik akan berada di sebelah kanan sumbu-y jika nilai x (absis) koordinat titik itu bertanda – dan suatu titik akan berada di sebelah kiri sumbu-y jika nilai x (absis) koordinat titik itu bertanda -.

Titik C memiliki koordinat (-3,2)
Absis (x) = -3 (bertanda negatif)
Ordinat (y) = 2 (bertanda positif)
Titik C berjarak 2 satuan (nilia y) dari sumbu-x dan berada di sebelah atas (tanda positif) sumbu-x.
Titik C berjarak 3 satuan (nilai x) dari sumbu-y dan berada disebelah kiri (tanda negatif) sumbu-y.

Titik F memiliki koordinat (-4,-5)
Absis (x) = -4
Ordinat (y) = -5
Titik F berjarak 5 satuan (nilai y) dari sumbu-x dan berada di sebelah bawah (tanda negatif) sumbu-x.
Titik F berjarak 4 satuan dari sumbu-y dan berada di sebelah kiri sumbu-y

Nah, berdasarkan dua contoh diatas, tentu kalian bisa menulis jarak dan arah titik G dari sumbu x dan y bukan! Jika masih belum megerti, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar

Pertanyaan 2
Bagaimana dengan jarak dan arah titik B dan D dari sumbu-x dan y?

Pembahasan :
Titik B memiliki koordinat (4,0)
Absis (x) = 4
Ordinat (y) = 0

Karena nilai ordinatnya (y) adalah 0, maka titik B tersebut tepat berada pada sumbu-x dan kita tidak menyebutkan arahnya sedangkan jarak titik B dari sumbu y adalah 4 satuan ke arah kanan.

Titik D memiliki koordinat (0,5)
Absis (x) = 0
Ordinat (y) = 5

Jarak titik D dari sumbu x adalah 5 satuan ke arah atas, sedangkan titik D tersebut berada tepat pada sumbu-y karena nilai absisnya (x) adalah 0 dan juga kita tidak menyebutkan arahnya.

Kesimpulan:
Jika suatu titik memiliki nilai absis (x) = 0, maka titik itu tepat berada pada sumbu-y sedangkan jika suatu titik memiliki ordinat (y) = 0, maka titik itu tepat berada di sumbu-x.

Pertanyaan 3
Gambarlah titik titik (2,1), (4,1), (4,-1) dan (2,-1) pada bidang koordinat. Bagun apakah yang terbentuk apabila titik – titik itu dihubungkan?

Pembahasan :
Pertama kita lambangkah saja titik – titik itu terlebih dahulu misalnya dengan :
P(2,1), Q(4,1), R(4,-1) dan S(2,-1).

Setelah itu baru kita gambar pada bidang kartesius!

Jika titik P, Q, R dan S itu kita hubungkan, maka akan terbentuk bagun datar persegi.
 
Nah, dengan mengikuti tutorial ini, maka tentu kalian akan semakin paham dalam menentukan arah dan jarak suatu titik dari sumbu-x dan y bukan. Kalian sudah bisa dong mengerjakan soal – soal yang ada dalam buku paket matematika. Jika masih ada pertanyaan, jangan sampai malu untuk berkomentarya!

Posting Komentar untuk "Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 8 Tentang Memahami Posisi Titik terhadap Sumbu-x dan Sumbu-y"