Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk - Produk Berbahan Dasar Susu

Susu adalah salah satu produk peternakan yang sangat terkenal, karena banyak dimanfaatkan untuk membuat produk – produk lezat lainnya. Tahukah kamu bahwa 90 % dari susu – susu yang di jual di pasaran adalah dibuat dari susu sapi. Sementara 10 persen sisanya berasal dari hewan memamah biak lainnya seperti kuda atau kambing.

Susu mengandung zat gizi yang sangat lengkap, yang terdiri dari protein, lemak, vitamin kalsium dan zat gula. Untuk itu kita disarankan untuk meminum susu setiap hari agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Namun ada beberapa orang yang tidak suka minum susu, dengan alasan karena baunya yang amis atau rasanya tidak enak. Padahal tentu rugi sekali bagi kamu yang tidak mau minum susu, karena tidak mendapatkan manfaat besar darinya.

Tetapi, selain yang segar, susu ternyata juga bisa dibuat menjadi produk – produk lain yang memiliki rasa yang enak dan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak suka minum susu segar. Produk – produk ini tersedia dalam berbagai macam bentuk yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Berikut adalah produk – produk terkenal yang terbuat dari bahan dasar susu yang wajib kamu ketahui.
Mentega
Awalnya saya pikir mentega itu dari lemak hewan. Ternyata bukan saudara – saudara. Mentega di produksi dari susu. Lebih tepanya, mentega itu di buat dari lemak susu.

Susu sapi segar yang dibiarkan dalam beberapa waktu akan mengeluarkan lemak – lemak yang terkandung didalamnya berupa gumpalan – gumpalan kecil. Gumpalan lemak ini akan naik ke permukaan membentuk lapisan kepala susu yang tebal.

Orang yang akan membuat mentega akan mengambil lapisan kepala susu ini untuk selanjutnya di olah menjadi mentega. Agar dapat menjadi mentega, kepala susu tadi harus di press terlebih dahulu agar kandungan air yang terdapat didalamnya berkurang.

Proses diatas tentunya memakan waktu yang cukup lama, karena kita harus menunggu sampai semua gumpalan lemak didalam susu dapat mengambang di permukaannya. Oleh karena itu, sekarang untuk memproduksi mentaga, orang menggunakan alat yang namanya sentrifugal.

Alat ini dapat berputar dengan sangat cepat sehingga partikel – partikel lemak yang berat akan lepas dari susu dan mengambang di permukaannya. Proses ini tentu berlangsung lebih cepat.

Lemak susu yang sudah dipres tadi akan ditambahkan bakteri asam laktat yang bertugas untuk mengolah rasa pada mentega. Langkah terakhir, mentega nya harus di banting – banting agar memiliki tekstur lembut dan kemudian siap di jual.

Karnemelk
Apa itu? Kalian pasti baru pertama kali mendengarnya bukan!

Kernemel adalah cairan yang dihasilkan dari pengepresan kepala susu pada pembuatan mentega. Kernemelk sudah tidak mengandung lemak lagi karena semua lemak sudah diambil pada proses pengolahan mentega.

Tetapi, kernemelk masih mengandung zat gizi seperti protein dan kalsium. Kernemelk memiliki rasa yang kecut dan segar sehingga biasanya harus ditambahkan perasa lain agar bisa dinikmati.

Krim
Krim juga berasal dari gumpalan – gumpalan lemak saat susu segar dibiarkan begitu saja. Namun lemak yang terkandung didalam krim tidak sebanyak lemak dalam kepala susu untuk membuat mentega.

Di bagian bawah krim ini masih menyisakan susu yang mengandung sedikit lemak. Susu inilah yang disebut dengan susu skim.

Yoghurt
Merupakan produk yang dibuat dari mencampurkan bakteri asam laktat ke dalam susu segar, lalu kemudian dibiarkan dalam beberapa waktu. Bakteri asam laktat akan mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat.

Asam laktat inilah yang memiliki rasa asam dan segar pada yoghurt. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka semua susu segar tadi kan diubah oleh bakteri asam laktat menjadi yoghurt padat.

Memadatnya susu ini disebabkan karena menggumpalnya protein – protein susu akibat pengasaman. Susu yang menggumpal ini disebut dengan “rennet” dan rasanya asam seperti yogurt.

Kefir
Kefir adalah produk olahan susu yang mirip dengan yoghurt yaitu menggunakan bakteri asam laktat, bedanya adalah pada pembuatannya juga digunakan jamur kefir. Jamur kefir berperan dalam memproduksi laktosa dalam susu. Selain itu, mereka juga menghasilkan asam arang pada saat pengolahan.

Asam arang dapat menciptakan rasa seperti kesemutan di lidah.

Keju
Keju merupakan produk olahan susu dimana diperlukan bantuan enzim khusus yang bernama enzim rennet agar kerju dapatterbentuk. Enzim ini dimasukkan ke dalam susu dan diaduk agar menjadi pekat.

Setelah itu susu pekat ini harus dibiarkan beberapa lama dan dimatangkan hingga menjadi bermacam – macam jenis keju.

Dadih
Dadih disebut juga sebagai keju segar karena cara pembuatannya mirip dengan keju, hanya saja tanpa proses pematangan terlebih dahulu. Susu yang sudah memekat setelah ditambah enzim rennet bisa langsung dionsumsi.

Selain enzim rennet, ditambahkan juga bakteri laktosa dengan tujuan untuk terbentuknya rasa agak kecut.

Nah, itulah semua produk yang terbuat dari bahan dasar susu. selain kaya manfaat, ternyata susu juga bisa diolah emnjadi berbagai macam produk lezat lainnya yangmembuat kalian pasti suka mengkonsumsinya.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi untuk tidak mengkonsumsi susu ya!

Posting Komentar untuk "Produk - Produk Berbahan Dasar Susu"