Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunikan yang Dimiliki Oleh Otak Manusia

Otak adalah bagian terpenting dari tubuh manusia karena ia bertugas mengendalikan bagian – bagian tubuh yang lain. Tidak ada satupun kerja dari bagian – bagian tubuh kita yang lain yang tidak diperintah oleh otak, baik kita sadari maupun tidak.

Tahukah kamu bahwa otak manusia dewasa hanya memiliki berat sekitar 1,5 kg dan bertestur lembek seperti tahu. Tetapi walaupun kecil, otak bagaikan hutan belantara yang sangat luas. Sampai saat ini, manusia hanya bisa mempelajari sebagian kecil dari bagian – bagian otak.

Dari sebagian kecil yang sudah dipelajari itu, ditemukanlah beragam keunikan dan hal menakjubkan dari otak yang bisa membuat kamu ternganga. Apa saja keunikannya itu, yuk baca artikel ini sampai hambis.

Manusia Punya Dua Otak
Ya, layaknya ginjal dan paru – paru, otak manusia juga terdiri dari dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Fungsi kedua otak ini tidaklah sama. Otak kiri berfungsi untuk mengatur kerja bagian tubuh yang sebelah kanan sedangkan otak kanan mengatur kerja bagian tubuh sebelah kiri.

Kedua bagian otak manusia ini bekerja dengan sama dominannya. Hal ini disebabkan karena karena keduanya dijembatani oleh sekitar 50 juta sel otak yang membentuk berkas yang disebut dengan korpus kalosium.

Otak adalah Pengatur Segala Fungsi dan Kerja Bagian Tubuh Lainnya
Otak ibarat komandan yang akan memberikan perintah kepada bagian – bagian tubuh lainnya agar dapat menjalankan fungsi dengan baik. Tanpanya, tubuh akan kacau.
Pernahkah kamu mendengar penyakit parkinson, dimana bagian tubuh tertentu bergerak – gerak sendiri tanpa terkendali. Hal ini disebabkan karena bagian otak yang mengatur organ tubuh tersebut telah rusak.

Atau orang yang terkena penyakit stoke yang disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di dalam otak sehingga tidak bisa menggerakkan sebagain atau bahkan seluruh tubuhnya lagi.

Mata manusia dapat melihat dan mengenali benda – benda disekitarnya juga karena adanya bantuan otak. Mata akan menangkap gambar suatu benda yang kemudian akan dikirmkan ke otak untuk dianalisis dan diterjemahkan sehingga kita bisa mengenali benda tersebut. Oleh sebab itu, di bagian belakang mata, tepatnya di retina terdapat ribuan syaraf yang terhubung langgsung dengan otak sebagai media mengerimkan rangsang dan perintah.

Dari contoh – contoh diatas tampaklah bahwa otak memang merupakan pengendali seluruh kegiatan tubuh manusia.

Otak Tersusun Atas Lebih dari 100 Miliar Sel
Otak yang beratnya hanya 1,5 kg tadi ternyata tersusun atas miliaran sel. Otak tersusun atas dua sel yaitu sel – sel fungsional yang disebut dengan neuron yang jumlahnya sekitar 100 miliar dan sel – sel pendukung yang jumlahnya sekitar 5 triliun.

Wah banyak sekali ya! Kira – kira kenapa sampai banyak begitu ya?

Jawabannya tentu berhubungan dengan fungsi kerja dari otak itu sendiri. Coba bayangkan, ketika kamu menginjak bara api, maka dengan sangat cepat kaki kita akan terangkat sendiri untuk menghindarkan bahaya lebih lanjut.

Tahukah kamu dalam waktu sesingkat iru, sudah terjadi proses pengiriman rangsang ke otak dan pengiriman perintah dari otak ke kaki. Untuk mendukung kerja yang serba cepat itulah dibutuhkan hingga miliaran sel dalam otak.

Semua neuron didalam otak tersusun sambung – menyambung sehingga mereka dapat membentuk hingga 200.000 sambungan dengan neuron yang lainnya. Tentu dapat kamu bayangkan betapa rumitnya susunan otak tersebut.

Neuron Otak Berkomunikasi Menggunakan Arus Listrik Dengan Kecepatan Hingga 360 km/jam.
Kamu mungkin tidak percaya, tetapi inilah fakta yang benar adanya. Neuron – neuron dalam otak saling berkomunikasi menggunakan arus listrik dengan kecepatan yang super.

Tetapi, arus listrik ini tidak dapat menyeberangi sabungan antara neuron. Oleh karena itu, pada ujung persambungan antar neuron ini terdapat zat kimia yang disebut dengan neurotransmitter yang berfungsi untuk merangsang timbulnya arus listrik di ujung neuron yang lain.

Dengan begitu impuls – impuls berupa arus listrik ini dapat menyeberangi dan berpindah dari satu neuron ke neuron lainnya. Begitulah sistem komunikasi dalam otak dapat berlangsung dengan baik.

Semakin sering seseorang melakukan suatu pekerjaan, maka ia akan semakin mahir dalam pekerjaan itu. Hal ini disebabkan karena semakin sering pekerjaan itu dilakukan maka semakin kuat pula pola sambungan antar neuron dalam otak.

Contohnya, ketika kamu memulai mengetik dengn keyboard, kamu mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengetikkan satu kalimat. Tetapi semakin sering dilatih, maka kamu akan semakin mahir dan terbiasa sehingga pekerjaan emngetik dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Otak Merupakan Organ Tubuh Yang Dijaga Paling Ketat
Karena fungsi otak yang begitu vital, organ yang satu ini dijaga oleh sistem pertahanan yang sangat ketat. Pertahanan bagian luar adalah tegokorak kepala yang begitu keras. tengkorak melindungi otak yang lunak dibagian dalam dari bahaya – bahaya luar.

Otak tidak memenuhi seluruh ruang di tengggkorak kepala, melainkan ada celah diantara keduanya. Celah ini diisi oleh cairan otak yang berfungsi untuk meredam benturan, sehingga kerusakan otak dapat diminimalkan.

Zat – zat yang masuk ke dalam otak melalui pembuluh darah pun diseleksi terlebih dahulu lewat suatu mekanisme khusus yang hanya terdapatdi dalam otak. Zat – zat yang dibutuhkan oleh otak seperti glukosa dan oksigen di izinkan masuk, sementara zat lain yang tidak dibutuhkan atau berbahaya bagi otak tidak diizinkan masuk.

Namun, sistem ini juga memepunyai kelemahan dimanan mereka juga mengizinkan alkohol dan narkotik untuk masuk dan mempengaruhi otak. Oleh karena itu, langkah pencenghan agar otak tidak rusak oleh kedua zat ini adalah dengan tidak mengkonsumsinya.

Nah itulah beberapa keunikan yang dimiliki oleh otak manusia. Menakjubkan bukan! Oleh karena itu sayangilah otak kalian agar mereka dapat berfungsi dengan baik sehingga bagian – bagian tubuh yang lainpun akan terkendali dengan baik.

Posting Komentar untuk "Keunikan yang Dimiliki Oleh Otak Manusia"