Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia

Kamu yang mempunyai tubuh normal dengan segala fungsinya berjalan dengan baik, harus patut menysukuri karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Mengapa? Karena banyak diluar sana orang yang mengalami gangguan terutama pada sistem geraknya.

Kamu tahu bahwa sistem gerak manusia ada dua macam yaitu :
1. Sistem gerak pasif ==> rangka
2. Sistem gerak aktif ==> otot

Fungsi utama kedua sistem gerak tersebut adalah agar kamu dapat melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari – hari dengan bergerak. Kadangkala ada beberapa kelainan yang di alami oleh sistem gerak seseorang sehingga menganggu atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Apa saja kelainan sistem gerak pada manusia? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Kelainan Pada Sistem Gerak Pasif

Riketsia
Penyebab terjadinya penyakit ini : kekurangan vitamin D. Di dalam tubuh, vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan fosfor dan kalsium. Kedua unsur tersebut merupakan zat kapur yang menguatkan dan mengeraskan tulang.

Penderita : umumnya terjadi pada anak – anak

Akibat:
Riketsia menyebabkan tulang kali tumbuh tidak normal yaitu membengkok ke arah luar membentuk huruf O.

Pencegahan :
Agar naka – anak tidak terkena kelainan tulang kaki yang satu ini, maka perlu diberi asupan fosfor, kalsium dan vitamin D ke dalam makanannya. Vitamin D dapat diperoleh dari makanan atau suplemen.

Sebenarnya tubuh memproduksi pro vitamin D yaitu senyawa yang bisa di ubah menjadi vitamin D. Salah satu kegiatan agar provitamin D dalam tubuh kita dapat di ubah menjadi vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar ultra violet yang dipancarkan matahari di pagi harilah yang berperan dalam mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D aktif.

Jadi kamu yang malas untuk upacara bendera, tentu tidak akan malas lagi bukan! Karena matahari pagi yang terik itu bisa membawa manfaat bagi tubuh kita.

Tapi jangan juga berjemur di bawah matahari saat siang ahri ya! Karena selain membuat kulit gosong, sinar ultraviolet matahari di siang hari sangat berbahaya bagi kulit. Bisa – bisa kamu kena kanker kulit! Cukup pagi pas upacara saja berjemurnya! Wkwkwkw.

Tahukah kamu bahwa kita membutuhkan asupan vitamin Dsebanyak 15 mh/hari. Bahkan orang tua yang sudah berumur lebih dari 70 tahun membutuhkan asupan vitamin D yang lebih banyak.

Terpenuhinya kecukupan jumlah vitamin D yang dibutuhkan tubuh dalam sehari akan membuat tulang kita kuatdan terhindar dari penyakit riketsia.

Osteoporosis
Ini adalah penyakit yang iklannya banyak di televisi.

Penyebab osteoporosis : kekurangan kalsium pada tulang.

Penderita : umumnya diderita oleh orangyang sudah lanjut usia. Pada orang yang lanjut usia, produksi hormonnya lebih sedikit dibandingkan ketika muda sehingga osteoblas sebagai sebagai sel pembentuk tulang kurang aktif.

Akibatnya, massa tulang pun beruran. Tulang menjadi lebih rapuh dan mudah patah karena zat padat pada tulang sudah sedikit. Penyakit ini sering juga disebut dengan keparuhan tulang.

Untuk mengatasinya, sedari dini mulailah mengkonsumsi asupan vitamin D misalnya dari susu sehingga tulang menjadi lebih kuat.

Fraktura (patah tulang)
Tulang selain keras, ia juga lentur. Namun kelenturan tulang ada batasnya. Ketika tulang mengalami benturan yang sangat keras (misalnya saat kecelakaan sepeda motor atau jatuh dari ketinggian, maka tulang tersebut dapat patah.

Patahnya tulang ini dalam istilah medis disebut dengan fraktura. Fraktura dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
a. Fraktura tertutup, terjadi ketika ujung tulang yang patah tidak menembus kulit.
b. Fraktura terbuka, terjadi ketika ujung tulang tulang yang patah keluar menembus kulit.

Artritis
Artritis adalah penyakit yang terjadi pada persendian. Penderita artritis mempunyai tulangrawan padasendi yang rusak.

Akibatnya :
1. Sendi menjadi sakit dan bengkok
2. Kadang – kadang sendi yang terkena artritis tidak dapat digerakkan.

Salah satu penyakit atritis yang palingterkenal adalah rematik.

Penyebab penyakit artritis sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Kita diharapkan emngkonsumsi makanan yang dapat menyehatkan sendi – sendi tulang sehingga terhindar dari penyakit artritis.

Lordosis, Kifosis dan Skoliosis
Lordosis, kifosis dan skoliosis adalah kelainan yang terjadi pada tulang belakang. Tulang belakang manusia normal memang tidak benar – benar lurus. Di bagian belakang dada, tulang belakang akan cembung ke luar sedangkan di bagian pinggang, tulang belakang cekung ke arah dalam.

Ketiga kelainan pada tulang diatas terjadi karena tulang belakang terlalu menonjol ke salah satu sisi yaitu bisa ke depan, kebelakang atau kesamping (kiri dan kanan).


Lordosis
Tulang belakang melengkung berlebihan ke arah depan di bagian pinggang sehingga pinggang dan perut terlihat menonjol kedepan, padahal perutnya tidaklah buncit.

Lordosis dapat disebabkan oleh :
a. Kehamilan
b. Riketsia
c. Cara duduk yang salah.

Kifosis
Penderita kifosis mengalami kelainan pada tulang belakang yaitu melengkungnya tulangbelakang di bagian dada ke arah depan. Penderita kifosis akan terlihat seperti orang bungkuk.

Kifosis dapat disebabkan oleh :
a. Penyakit misalnya TBC dan riketsia
b. Kebiasaan duduk yang salah.

Skoliosis
Adalah sebuah penyakit dimana tulang belakang melengkung ke arah samping kiri atau anan. Skloliosis bisanya disebabkan oleh penyakit polio dan kebiasaan duduh yang salah.

Kelainan pada Sistem Gerak Aktif

  • Atrofi yaitu mengecilnya ukuran otot karena tidak digunakan dalam waktu lama. Penderita polio biasanya mengalami atrofi pada salah satu kakinya sehingga tidak bisa digerakkan.
  • Hipertrofi yaitu membesarnya volume atau ukuran otot. Kelainan ini umumnya diderita oleh binaragawan yang otot tubuhnya membesarkarena sering dilatih. Tetapi sepertinya ini bukan kelainan otot yang serius. 
  • Tetanus, merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri clostridium tetani. Penyakit tetanus dapat menyebabkan otot menjadi kejang. Kejangnya otot biasanya di mulai dari otot rahang, kemudian menjalar ke otot dada dan bagian tubuh lainnya. Tetanus bisa menyebabkan kematian.
  • Kaku leher (stiff). Disebabkan oleh menradangnya otot leher akibat gerakan hentakan yang mendadak.
  • Kram yaitu mengejangnya otot yang disebabkan oleh aktivitas yang terus menerus dilakukan seperti berolahraga atau pekerjaan berat. 
  • Hernia abdonminal yaitu penyakit akibat sobeknya otot peruh sehingga usus melorot ke bagian bawah.
  • Polio, merupakan penyakit kelumpuhan pada otot yang disebabkan oleh virus polio. Penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menular terutama dari cairan orang yang sudah menderita polio.

Nah itulah semua kelainan lengkap yang ada pda sistem gerak manusia.semoga kita semua dihindarkan dari eklainan tersebut dan terus menjaga kesehatan sistem gerak kita agar tetap bisa bergerak sepanjang hidup.

Terimakasih sudah mengunjungi dan jika kamu suka artkel ini, jangan lupa di like dan share ya!

Posting Komentar untuk "Kelainan Pada Sistem Gerak Manusia"