Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Albert Einstein

Siapa yang tidak kenal dengan ilmuan yang satu ini? Albert Einstein, ilmuan fenomenal yang terkenal dengan rambut uniknya, IQ yang luar biasa tinggi dan teori relativitasnya. Tapi, apa Cuma itu yang kamu ketahui dari Albert Einstein?

Jika iya, wah kamu harus baca artikel ini sampai habis. Dalam artikel ini akan menceritrakan bigrafi singkat Albert Einstein dan sumbangan nya dalam ilmu pengetahuan. Dengan begitu, kamu akan menemukan hal luar biasa yang membuat Albert Einstein terkenal.

Siapa tahu, kamu bisa jadi the next Albert Einstein?

Kalau gitu, langsung saja. Let’s get it!


Albert einstein dilahrikan di Kota Ulm, Jerman pada tanggal 14 Maret 1879. Ia lahir sebelum terjadinya perang dunia dari pasangan Hermann Einstein(ayah) dan Pauline Koch (ibu).

Setahun setelah ia lahir, keluarganya pindah ke kota Munich. Di kota ini ayahnya membuka toko elektro kimia bersama pamannya. Mungkin karena ayahnya adalah seorang yang menyukai ilmu pengetahuan, ia terinspirasi ingin seperti ayahnya.

Albert einstein kecil merupakan anak yang sehat, Introvert (pemalu), tetapi ia sangat gemar membaca. Biasanya, anak kutu buku itu pasti tidak pandai dalam bidang seni atau olahraga.

Tetapi eh tetapi, Albert Einstein sangat jago memainkan biola. Bakat musiknya ini diuturunkan dari sang ibu yang memang sangat ahli memainkan piano. Kalau bidang olahraga, Albert sepertinya tidak terlalu minat. Satu – satunya olahraga yang ia suka hanyalah berlayar.

Bagaimana  Einstein Tertarik dengan Fisika?
Sepertinya waktu kecil ia lebih menyukai musik. Buktinya, pada tahun 1895, Einstein memcoba untuk mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi bernama Eidgenssische Technische Hochschule (Institut Teknologi Federal, mirip ITB lah kalau di Indonesia). Universitas ini berada di Swiss.

Tetapi ia tidak mengambil jurusan fisika, melainkan musik. Tapi sayang, ia gagal dan tidak di terima di kampus ini.

Oleh karena itu, Albert Einstein disuruh ayahnya kemabli ke kota Aarau, tempat ia sekolah menengah, untuk belajar dan menyelesaikan sekolahnya itu.

Albert Einstein mulai tertarik dengan fisika ketika ayahnya memberi hadiah sebuah kompas, ketika ia berulang tahun yang ke-5. Ia sangat senangg dan takjub dengan kemampuan kompas dalam menunjukkan arah ahnya menggunakan medan magnet.

Akhirnya, tahun 1990 albert Einstein berhasil lulus dari sekolah menengahnya.

Setelah Kelulusan
Tamat dari sekolah menengah, tak disangka – sangka, kampus yang dulu menolaknya meminta Einstein untuk mengajar disana. Karena harus tinggal di Swiss, akhirnya ia mengubah kewarganegaraannya dari Jerman ke Swiss tepat setahun setelah ia resmi mengajar.

Tahun 1902, Eisntein mendapat pekerjaan lain yaitu sebagai asisten pemeriksa pada kantor hak paten Swiss. Tugasnya adalah menilai aplikasi paten yang diajukan oleh pera penemu khusus di bidang fisika. Dua tahun kemudian, ia menjadi karyawan tetap di kantor itu.

Setelah hidup mapan, ia akhirnya memilih untuk menikah dengan seorang wanita bernama Mileva. Mileva merupakan seorang ahli matematika.Mereka menikah pada 6 Januari 1903 dan melahirkan anak yang diberi nama Hans Albert Eisntein pada 15 Mei 1904.

Temuan – Temuan Eistein di Bidang Fisika
Tahun yang sama dengan kelahiran anaknya, Eisntein menerbitkan 4 buah artikel yang memberikan ilmu dasar bagi fisika modern. Dalam menulis artikel tersebut, ia tidak banyak merujuk buku sains yang sudah ada atau mengajak orang lain untuk berdiskusi tentang temuannya. Kebanyakan adalah hasil temuannya sendiri.

Padatahun 1905, Albert Einstein mendapat gelar Doktor dari Universitas Zurich (Swiss) lewat tesisnya yang berjudul “On a New Determination ofMolecular Dimensions”.

Tesis tersebut berisi tentang :
1. Gerak Brown
2. Efek Fotolistrik
3. Teori relativitas Khusus.

Banyak ahli lain yang berpendapatbahwa ketiga tesisnya itu layak diberi hadiah nobel. Namun sayangnya, hanya tesis tentang efek fotolistrik saja yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Penghargaan ini dinilai tidak tepat. Pasalnya, Einstein jauh lebih menguasai teori relativitas dibandingkan efek fotolistrik. Efek fotolistrik merupakan sebuah fenomena yang berkaitan dengan teori kuantum dan dalam tesis nya itu ia tidak begitu fokus membahas fenomena kuantum ini.

Yah, mungkin yang memberi penghargaan tersebut sedang lelah.

Tahun 1905, Majalah Sains Annalen der Physik memuat 4 buah tulisan Einstein tentang teori relativitas. Publikasi ini membuat ilmuan heboh dan mengundnag banyak kontroversi. Tahukah kamu, bahwa salah satu dari 4 tulisan Einstein tentang teori relativitas merupakan ide yang sudah ada dikepalanya sejak berumur 16 tahun.

Ia hanya membutuhkan waktu 5 minggu untuk menyelesaiakan tulisan tersebut.

Padatahun 1909, Eistein diangkat menjadi Guru besar fisika di Universitas zurich. Lima tahun setelah itu, ia berhasil menyelesaikan teori relativitasnya.

Teori relativitas Eisntein ada dua yaitu :
1. Teori relativitas umum
Yang umum berbicara mengenai ruang angkasa luar yang melengkung. Hal ini telah dibutikan oleh dua orang ilmuan yang penasaran dengan foto cahaya bintang yang menyimpang dari yang serharusnya.

2. Teori relativitas khusus
Teori khusus ini membicaraan tentang hukum fisika yang berlaku sama untuk semua pengamat selama mereka bergerak dengan kecepatan konstan dan arah yang tetap.

Misalnya begini :
Seseorang yang berada di dalam bus sedang makan sosis. Ia menggigit sosis itu dua kali. Bagi kamu yang berada di luar bus dan dalam keadaan diam, kamu akan mengatakan bahwa orang yang sedang makan sosi itu menggigit sosisnya di tempat yang berbeda. Hal ini terjadi karena bus sedang berjalan dan kamu diam.

Tetapi bagi orang lain yangg juga berada di dalam busa, mereka bergerak bersama dengan kecepatan konstan dan arah yang tetap. Mereka akan mengatakan bahwa si pemakan sosis menggigit sosisnya di tempatyangsama.

Pada kejadian ini, menurut Einstein belaku huku relativitas.

Setelah Adolf Hitler dan pasukan Nazinya naik menjadi kanselir Jerman, tepatnya pada tahun 1933, Einstein dan keluarganya pindah ke Amerika. Mereka khawatir kegiatan ilmiah sebagai pengajar dan peneliti akan terganggu dengan kekuasaan Hitler.

8 tahun menetap di Amerika, Einstein resmi menjadi warga negara Amerika. Artinya ia sudah dua kali ganti kewarganegaraan.

Fakta Mengejutkan Tentang Albert Einstein
Tahukah kamu, beberapa tahun setelah tinggal di Amerika, Albert Einstein ditawari presiden Israel yang kedua. What???

Tetapi, ia menolaknya karena merasa tidak memiliki ilmu pengetahuan sedikitpun tentang pemerintahan. Coba pejabat kita di negeri kayak gini ya! Pasti Indonesia semakin maju. Wkwkwk.

E = mc^2
Kamu pasti sering lihat persamaan diatas bukan. Ya, persamaan diatas merupakan persamaan yang ditemukan oleh Einstein. Ia mengatakan bahwa massa sebanding dengan energi yang dihasilkan.

Rumus diatas sangat berguna dan sudah di gunakan berkali – kali oleh ilmuan lain. Salah satu yang fenomenal adalah penggunaan rumus diatas oleh Julius Robert Oppenheimer. Oppenheimer membuat bom atom berdasarkan rumus diatas yang kemudian digunakan oleh Amerika untuk menyerang Jepang.

Pembuatan bom atom tersebut terjadi ketika masa pemerintahan presiden Franklin D. Roosevelt. Proyek pembuatan bom atom tersebut dinamai proyek Manhattan dan diikuti oleh banyak ilmuan terkenal. Amerika kala itu menganggarkan dana sekiat 2 miliar dolar AS agar penelitian dan penciptaan bom dapat berhasil.

Dan memang mereka berhasil membuat bom atom pertama di dunia. Bom itu kemudian digunakan amerika sebagai balas dendam karena Jepang juga mengebom pangkalan militer mereka di Hawai, yaitu Pearl Harbour. Dua bom atom di jatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki dan membunuh ratusan ribu penduduk Jepang.

Mendengar hal tersebut, Einstein sangat sedih dan kecewa. Ilmu yang ia temukan digunakan untuk hal yang tidak manusiawi. Setelah pengeboman, Einstein berkata ‘ Saya harus membakar tangan saya karena telah menulis surat ke pada Roosevelt”. Memang saat itu, Einstein dan beberapa ilmuan terkenal lainnya menulis surat tentang penggunaan energi atom sebagai sumber energi masa depan.

Einstein meninggal di Amerika pada tanggal 18 April 1955, 10 tahun setelah perang dunia II berakhir.

Nah itulah biografi singkat tentang tokoh dunia, ilmuan nyentrik dan penemu, Albert Einstein. Semoga semakin menambah ilmu dan wawasan kamu dan siapa tahu, kamu juga bisa jadi ilmuan seperti Albert Einstein.

Tapi ingat, temukan yang baik – baik saja ya! Jangan sampai membahayakan kamu dan orang lain! Sampai jumpa di artikel biografi selanjutnya!

Posting Komentar untuk "Albert Einstein"