Contoh Soal Matematika SMP Pilihan Ganda: Perbandingan (Sub Materi: Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran) dan Pembahasannya
Dalam artikel ini terdapat 7 buah soal matematika SMP kelas VII semester 2 sub materi: memahami dan menentukan perbandingan dua besaran.
Soal ini telah disesuaikan dengan materi yang terdapat dalam buku paket matematika kelas 7 SMP kurikulum 2013 revisi terbaru (2018). Soal dibuat dalam bentuk analisis pilihan ganda
Jadi, soal-soal ini cocok dijadikan sebagai latihan dan juga media evaluasi untuk siswa dikelas.
Berikut adalah contoh soal matematika perbandingan dan jawabannya.
Berdasarkan narasi dibawah ini, jawablah pertanyaan nomor 1 dan 2.
Seorang guru ingin mengetahui minat siswa kelas VIIA terhadap dua jenis bacaan yaitu novel dan komik. Diantara 40 siswa di kelas VIIA tersebut, 10 siswa lebih suka membaca novel ketimbang komik. Sedangkan sisanya lebih suka sebaliknya.
Contoh Soal 1
Pernyataan berikut yang tidak tepat berkaitan dengan narasi diatas adalah………
- A. Hanya 1/4 siswa kelas VIIA yang suka membaca novel
- B. Satu dari empat siswa kelas VIIA suka membaca novel
- C. Perbandingan siswa yang suka membaca komik terhadap siswa yang membaca novel adalah 1 : 4
- D. Banyak siswa yang suka membaca komik adalah tiga kali lipat dibandingkan siswa yang suka membaca novel
Pembahasan:
Dari narasi untuk soal ini diketahui bawah:
- Jumlah siswa kelas VIIA = 40 siswa
- Jumlah siswa yang suka baca novel = 10 siswa
- Maka, jumlah siswa yang suka baca komik = 40 - 10 = 30 siswa
Berdasarkan data diatas, mari kita cek satu persatu kebenaran dari pernyataan yang diberikan pada opsi soal.
Pernyataan A
Hanya 1/4 siswa kelas VIIA yang suka membaca novel
Dari pernyataan ini kita bisa mengetahui bahwa yang dibandingkan adalah jumlah siswa yang suka baca novel dengan jumlah seluruh siswa pada kelas VIIA.
Perbandingan jumlah siswa yang suka baca novel terhadap seluruh siswa = 10 : 40 = 1 : 4
Pernyataan A benar.
Pernyataan B
Satu dari empat siswa kelas VIIA suka membaca novel.
Dari pernyataan A sudah diketahui bahwa perbandingan siswa yang suka baca novel dengan seluruh siswa adalah 1 : 4. Itu artinya 1 dari 4 siswa kelas VIIA suka membaca novel.
Pernyataan B juga benar.
Pernyataan C
Perbandingan siswa yang suka membaca komik terhadap siswa yang membaca novel adalah 1 : 4
Dari data awal, diketahui bahwa ada 30 siswa kelas VIIA yang menyukai membaca komik dibandingkan novel. Maka perbandingan yang seharusnya ditulis adalah = 30 : 40 = 3 : 4, bukan 1 : 4.
Jadi, pernyataan C adalah salah.
Pernyataan 4
Banyak siswa yang suka membaca komik adalah tiga kali lipat dibandingkan siswa yang suka membaca novel.
Perbandingan antara jumlah siswa yang suka membaca komik dengan jumlah siswa yang suka membaca novel adalah = 10 : 30 = 1 : 3.
Perbandingan tersebut memiliki arti bahwa memang benar jumlah siswa yang menyukai komik tiga kali lipat dibandingkan jumlah siswa yang menyukai novel.
Pernyataan D benar.
Jawaban: C
Contoh Soal 2
Diketahui beberapa rasio sebagai berikut
(1) 3 : 1
(2) 3 : 4
(3) 3/1
(4) 3/4
Rasio perbandingan yang benar antara siswa kelas VIIA yang suka membaca komik dengan seluruh siswa ditunjukkan oleh nomor………
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Pembahasan:
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menyatakan rasio perbandingan.
- Dengan menggunakan tanda : (titik dua). Contoh: perbandingan siswa yang suka membaca komik terhadap seluruh siswa = 30 : 40 = 3 : 4
- Mengungkapkan dalam bentuk pecahan. 3 : 4 dapat ditulis juga dengan 3/4.
- Menggunakan kata "banding". 3 : 4 dapat juga ditulis dengan 3 banding 4.
Jawaban : C
Contoh Soal 3
Dalam suatu perlombaan makan ditentukan waktu 10 menit pada setiap peserta untuk memakan donat yang disediakan panitia. Setelah batas waktu habis ternyata perbandingan donat yang dihabiskan oleh Edo dan Edi dalam perlombaan tersebut adalah 1 : 3. Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan hasil perlombaan tersebut adalah………
- A. Jumlah donat yang dihabiskan Edo 3 kali lebih sedikit dibandingkan Edi
- B. Jika Edi memakan 9 donat maka jumlah donat yang dihabiskan Edo adalah 6 buah
- C. Jumlah donat yang dihabiskan oleh Edo dan Edi pada perlombaan tersebut adalah sama
- D. Saat Edo selesai memakan satu donat Edi sudah memakan 4 donat
Pembahasan:
Perbandingan jumlah donat yang dimakan oleh Edo dan Edi dalam perlombaan dengan batas waktu 10 menit adalah 1 : 3 atau 1/3.
Artinya jika Edo selesai memakan 1 buah donat maka Edi sudah menghabiskan 3 buah donat. Maka, pernyataan C dan D adalah salah.
Jumlah donat yang dimakan oleh keduanya tidak sama.
Jumlah donat yang dimakan Edi adalah 3 kali lebih banyak dibandingkan yang dimakan oleh Edo atau sebaliknya, jumlah donat yang dimakan oleh Edo 3 kali lebih sedikit dibandingkan yang dimakan oleh Edi.
Maka dari itu, pernyataan A benar.
Untuk mengecek kebenaran pernyataan B, bisa dilakukan dengan cara berikut.
Dari pernyataan A sudah diketahui bahwa jumlah donat yang dimakan Edo adalah 3 kali lebih sedikit dibandingkan jumlah donat dimakan Edi atau:
Jumlah donat yang dimakan Edo = 1/3 x jumlah donat yang dimakan Edi.
Jika si Edi sudah menghabiskan 9 donat, maka seharusnya donat yang sudah dimakan Edo adalah sebanyak:
= 1/3 x 9
= 3 buah
Jadi jelas pernyataan B juga tidak benar.
Jawaban: A
Bacalah bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.
Tiga orang siswa yaitu Andi, Teti dan Roni sedang mengikuti ujian matematika. Ani berhasil menjawab 15 soal matematika dalam waktu 10 menit dan Teti dapat menjawab 25 soal dalam waktu 15 menit. Sedangkan Roni dapat menjawab 6 soal dalam waktu 4 menit.
Contoh Soal 4
Diantara ketiga siswa tersebut yang paling cepat dalam mengerjakan soal matematika adalah………
A. Ani
B. Teti
C. Roni
D. Ani dan Roni
Pembahasan:
Agar dapat mengetahui mana siswa yang paling cepat mengerjakan soal matematika, kita harus melihat jumlah soal yang dapat dikerjakan oleh masing-masing siswa dalam waktu yang sama misalkan 1 menit.
Jumlah soal yang dikerjakan + waktunya
- Ani = 15 soal dalam waktu 10 menit ==> maka jumlah soal yang dapat dikerjakan oleh Ani permenit = 15 soal/10 = 1,5 soal/menit
- Teti = 18 soal dalam 9 menit ==> jumlah soal yang dikerjakan Teti permenit = 25 soal/15 = 2 soal/menit
- Roni = 6 soal dalam 4 menit ==> jumlah soal yang dikerjakan Roni permenit = 6/4 = 1,5 soal/menit
Nah, dari perhitungan diatas dapat diketahui bahwa yang paling cepat dalam mengerjakan soal matematika tersebut adalah Teti.
Jawaban: B
Contoh Soal 5
Berikut adalah beberapa pernyataan terkait bacaan di atas.
- Jumlah soal yang dikerjakan oleh Ani per menit lebih banyak dibandingkan Roni
- Teti adalah yang paling lambat dalam mengerjakan soal matematika
- Rata-rata jumlah soal yang dapat dikerjakan Ani per menit adalah 1,5 soal
- Kecepatan Ani dan Roni dalam mengerjakan soal adalah sama
Pernyataan tersebut yang benar ditunjukkan oleh nomor…………
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Pembahasan:
Pernyataan 1 = salah
Harusnya jumlah soal yang dikerjakan oleh Ani dan Roni permenit adalah sama.
Pernyataan 2 = salah
Teti bukan yang paling lambat dalam mengerjakan soal matematika melainkan adalah yang paling cepat. Pembahasannya dapat kalian lihat pada contoh soal nomor 4.
Pernyataan 3 = benar
Rata-rata jumlah soal yang dikerjakan Ani memang lebih sedikit dibandingkan Teti (1,5 : 2).
Pernyataan 4 = benar
Pembahasannya lihat pada pernyataan 1.
Jawaban: D
Contoh Soal 6
Perbandingan dibawah ini yang setara dengan 3 : 7 adalah………
A. 14 : 6
B. 9 : 14
C. 6 : 21
D. 6 : 14
Pembahasan:
Mencari perbandingan yang setara caranya sama dengan mencari pecahan yang setara yaitu dengan melihat faktor pengali pembilang dan penyebutnya. Jika sama, maka perbandingannya setara.
3 : 7 = 3/7 = 2/14 (dengan faktor pengali = 2)
Jadi, perbandingan 3 : 7 setara dengan 2 : 14.
Contoh Soal 7
Didalam sebuah kotak terdapat 200 permen. 75 diantaranya adalah permen rasa coklat, setengahnya adalah permen rasa karamel dan sisanya adalah permen sebuah rasio yang paling tepat untuk menunjukkan perbandingan ketiga rasa permen yang ada dalam kotak tersebut berturut-turut adalah………
A. 1 : 3 : 4
B. 3 : 4 : 1
C. 3 : 1 : 4
D. 4 : 1 : 3
Pembahasan:
Didalam kotak ada 200 permen.
- Permen coklat = 75 buah
- Permen karamel = 1/2 x 200 = 100 buah
- Permen buah = 200 - (75 + 100) = 25 buah
Perbandingan permen rasa coklat : karamel : buah = 75 : 100 : 25 (sama-sama bagi 25) = 3 : 4 : 1
Jawaban: B
Contoh Soal 8
Dalam suatu lomba lari, Lisa membutuhkan waktu 8 menit untuk sampai ke garis akhir. Sedangkan Rose membutuhkan waktu 12 menit untuk sampai ke garis akhir. Pernyataan di bawah ini yang paling tepat berdasarkan kondisi tersebut adalah……..
A. Rose 1,5 kali lebih cepat dibandingkan Lisa
B. Lisa 1,5 kali lebih lambat dibandingkan Rose
C, Perbandingan waktu antara Lisa dan Rose dalam mencapai garis akhir adalah 2 : 3
D. Perbandingan waktu antara antara Lisa dan Rose dakam mencapai garis akhir adalah 2 : 4
Pembahasan:
Pernyataan A = salah
Dari soal diketahui Rose membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai garis akhir. Harusnya Rose lebih lampat dibandingkan Lisa.
Pernytaan B = salah
Karena Lisa bukan lebih lambat dibandingkan Rose, melainkan lebih cepat.
Pernyataan C = benar
Perbandingan waktu yang dibutuhkan oleh Lisa dan Rose
= 8 menit : 12 menit
= 2 : 3
Pernyataan D = salah, karena perbandingan waktu yang benar antara Lsia dan Rose adalah 2 : 3.
Kunci Jawaban: C
Contoh Soal 9
Seorang peneliti ingin mengetahui kandungan gula dalam beberapa produk minuman bersoda. Hasil penelitiannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Kandungan gula terbanyak terdapat pada minuman merk…….
A. Merk D
B. Merk C
C. Merk B
D. Merk A
Pembahasan:
Untuk menentukan minuman bersoda merk apa yang mengandung gula terbanyak, kita perlu mencari berapa kandungan gula per mL dari setiap minuman bersoda yang diketahui.
Kandungan gula dalam minuman bersoda:
Merk A = 15/250 = 3 : 50 (setiap 50 mL mengandung 3 gram gula)
Merk B = 40/500 = 4 : 50 (setiap 50 mL mengandung 4 gram gula)
Merk C = 10/100 = 5 : 50 (setiap 50 mL mengandung 5 gram gula)
Merk D = 30/400 = 3,75 : 50 (setiap 50 mL mengandung 3,75 gram gula)
Dari hasil pencarian diatas terlihat bahwa minuman bersoda yang mengandung gula terbanyak adalah yang Merk C.
Kunci Jawaban: B
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 10 dan 11
Di sekolah Andi akan diadakan kegiatan seminar bertajuk “Indonesia Pintar” yang wajib diikuti oleh setiap siswa disekolahnya. Berikut adalah daftar kegiatan yang akan dilaksanakan dalam seminar tersebut.
Contoh Soal 10
Berdasarkan data diatas, pernyataan di bawah ini yang tidak tepat adalah………
A. Waktu penyampaian materi adalah ¼ dari lamanya acara seminar
B. Rasio waktu isoma dan hiburan adalah 3 : 1
C. Perbandingan waktu pembukaan dan penutupan acara adalah 1 : 1
D. Waktu penyampaian materi adalah ½ dari lamanya acara seminar
Pembahasan:
Dari tabel kegiatan seminar yang diketahui, ada dua kali penyampaian materi yang setiap penyampaiannya dilaksanakan dalam waktu 2 jam. Jadi total, waktu yang dibutuhkan untuk penyampaian materi pada acara seminar adalah 4 jam. Sedangkan, kegiatan seminar dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 (8 jam). Berarti, waktu yang dibutuhkan untuk penyampaian maetri adalah ½ dari lamanya acara seminar.
Sehingga pernyataan A = salah dan pernyataan D benar.
Karena sudah ketemu jawabannya, maka tentu pernyataan B dan C sudah pasti benar. Kalian bisa cek sendiri.
Kunci Jawaban: D
Contoh Soal 11
Perbandingan waktu sebelum dan sesudah isoma adalah……
A. 6 : 7
B. 3 : 4
C. 5 : 6
D. 3 : 7
Pembahasan:
Isoma dilaksanakan antar rentang waktu 11.30 – 13.00 (1 ½ jam). Sebelum waktu isoma, acara seminar telah berlangsung dari pukul 08.00 – 11.30 (3,5 jam), sedangkan setelah isoma, acara seminar dilanjutkan kembali hingga pukul 16.00 (3 jam).
Oleh karena itu, perbandingan waktu sebelum dan sesudah isoma adalah = 3 : 3,5 jam atau 6 : 7
Kunci Jawaban: A
Contoh Soal 12
Perhatikan bentuk perbandingan dibawah ini
x/5=15/y= 75/125
Nilai x dan y yang memenuhi persamaan diatas adalah…….
A. 3 dan 5
B. 3 dan 25
C, 5 dan 25
D. 4 dan 20
Pembahasan:
Kita perlu mencari nilai x dan y pada persamaan diatas agar ketiga perbandingannya menjadi senilai. 15 akan sama dengan 75 jika dikali dengan 5. berarti, nilai x = 3, karena 3 x 5 = 15. Jadi, yang bagian pembilang pada perbandingan diatas, faktor pengalinya adalah 3.
Untuk mencari nilai y, kita lihat bahwa bentuk paling sederhana dari perbandingan diatas adalah 3 ; 5. Agar perbandingan kedua memilki bentuk paling sederhana 3 : 5, maka nilai y = 25. Jadi, faktor pengali untuk penyebutnya adalah 5,
Maka, nilai x dan y berturut – turut adalah 3 dan 25.
Kunci Jawaban: B
Sekian contoh soal matematika SMP (pilihan ganda) materi perbandingan (memahami dan menentukan perbandingan dua besaran) dan pembahasannya. Semoga bermanfaat.
Kamu juga bisa mengunjungi daftar link dibawah ini jika ingin melihat tentang postingan lain untuk bab perbandingan SMP.
Kurikulum 2013
- Contoh soal Tentang Membandingkan Dua Besaran Dengan Dua satuan Yang Berbeda
- Contoh Soal Perbandingan Tentang Peta dan Model
- Contoh Soal Tentang Memahami dan Menyelesaiakan Permasalahan Terkait Perbandingan Senilai
- Contoh soal tentang Memahami dan Menyelesaikan Masalah Terkait Perbandingan Berbalik Nilai
Kurikulum Merdeka
- Contoh Soal Tentang Perbandingan Senilai dan Persamaan
- Contoh Soal Tentang Koordinat dan Grafik Perbandingan Senilai
- Contoh Soal Tentang Perbandingan Berbalik Nilai dan Persamaan
- Contoh Soal Tentang Grafik Perbandingan Berbalik Nilai
- Contoh Soal Penerapan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai
Posting Komentar untuk "Contoh Soal Matematika SMP Pilihan Ganda: Perbandingan (Sub Materi: Memahami dan Menentukan Perbandingan Dua Besaran) dan Pembahasannya"