Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskanlah Apakah Nama Dari Senyawa Alkana 4-etil-2-metil pentana Sudah Sesuai Dengan Atau Belum?

Salah satu ilmu yang perlu kamu kuasai saat belajar tentang tata nama senyawa hidrokarbon adalah kemampuan untuk mengecek apakah nama dari suatu senya sudah sesuai dengan aturan IUPAC atau belum.


Oleh karena itu, kali ini saya akan jelaskan tentang cara mengecek apakah nama dari suatu senyawa alkana sudah sesuai dengan aturan IUPAC atau belum. Senyawa alkana yang kita bahas adalah 4-etil-2-metil pentana.


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat rumus struktur dari senyawa tersebut terlebih dahulu. Rumus struktur dari senyawa 4-etil-2-metil pentana adalah sebagai berikut:

Sesuai dengan namanya, rantai induk untuk senyawa diatas adalah yang lurus. Jika kamu perhatikan lagi, ternyata rantai tersebut bukanlah rantai karbon terpanjang pada senyawa. Masih ada pilihan lain untuk rantai induk yang terdiri dari 6 buah atom karbon yaitu:


Ini merupakan kesalahan pertama dari nama senyawa alkana diatas. Rantai induk dengan 6 buah atom karbon dinamakan heksana.


Jika rantai induknya seperti yang ditunjukkan oleh gambar diatas, maka tidak ada cabang etil pada senyawa. Yang ada adalah dua buah cabang metil yang terikat pada atom karbon ke 2 dan ke 4 (penomoran benar kita mulai dari ujung kiri). Ini merupakan kesalahan kedua yang terdapat pada nama senyawa diatas.


Harusnya, nama dari senyawa tersebut sesuai dengan aturan IUPAC adalah 2,4-dimetil heksana.


Nah, itulah langkah – langkah yang harus kita lakukan untuk mengecek apakah nama dari senyawa alkana yang diketahui sesuai dengan aturan IUPAC atau tidak. Saya juga sudah buat video Youtube Shorts yang menjelaskan hal serupa dibawah ini.

Jika kamu berkenan, kamu bisa menontonnya. Jangan lupa untuk dikomentari, di like dan juga di subscribe ya. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Jelaskanlah Apakah Nama Dari Senyawa Alkana 4-etil-2-metil pentana Sudah Sesuai Dengan Atau Belum?"