Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Nama Senyawa Alkana Dengan Dua Cabang Berbeda

Memberi nama IUPAC untuk senyawa alkana dengan satu cabang atau dua cabang yang sama termasuk mudah. Bagaimana jika senyawa alkananya mengandung dua atau lebih cabang yang berbeda? Pada artikel singkat kali ini saya akan menjelaskan cara memberi nama IUPAC senyawa alkana dengan dua cabang berbeda beserta dengan contohnya masing – masing.


Contoh 1

Tentukanlah nama senyawa alkana dengan struktur seperti dibawah ini!

                            

Pembahasan:

Seperti biasa, untuk memberi nama senyawa alkana, yang kita tentukan pertama kali adalah rantai induk. Pada senyawa diatas, ada dua pilihan rantai induk, namun keduanya sama saja jadi saya pilih yang lurus agar tidak ribet. Rantai induk untuk senyawa tersebut terdirir dari 6 buah atom karbon sehingga namanya adalah heksana.

Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa ada dua buah cabang yang terdapat pada senyawa yaitu metil dan etil. Karena ujung kiri lebih dekat ke cabang dibandingkan ujung kanan, maka penomoran kita mulai dari kiri.


Berarti, cabang metil terikat pada atom karbon kedua dan cabang etil terikat pada atom karbon keempat. Urutan penulisan cabang pada nama senyawa disesuaikan dengan urutan abjad dari huruf pertama cabangnya. Berarti, etil ditulis terlebih dahulu dibandingkan metil. Nama senyawa diatas secara lengkap adalah: 4-etil-2-metil heksana.


Nah, bagaimana dengan senyawa kedua ini. Apa nama dari senyawanya?


Contoh 2

Tentukanlah nama IUPAC dari senyawa alkana yang memiliki rumus struktur sebagai berikut.                            

Pembahasan:

Untuk rantai induk, tidak ada perbedaan antara senyawa kedua ini dengan senyawa pertama. Yang membedakan adalah masalah penomoran. Pada senyawa diatas, kedua cabang berjarak sama dengan kedua ujung senyawa. Lalu, apakah penomoran kita mulai dari kiri atau dari kanan?


Nah, pada kondisi seperti ini berlaku aturan prioritas dalam menentukan penomoran rantai induk. Cabang dengan atom karbon lebih banyak lebih berprioritas. Oleh karena itulah penomoran atom karbon rantai induknya kita mulai dari ujung kanan karena lebih dekat ke etil, cabang yang lebih berprioritas dibandingkan metil.                           

Dengan begitu, etil terikat pada atom karbon ketiga, sedangkan metil terikat pada atom karbon keempat. Sehingga, nama dari senyawa diatas secara lengkap adalah: 3-etil-4-metil heksana.


Untuk senyawa pada contoh kedua ini, saya sudah bikin video Youtube Shortsnya sebagai berikut.


Jika kamu berkenan kamu dapat menontonnya. Tolong bantu like, comment dan subscribe juga ya.


Nah, sekianlah pembahasan kita kali ini tenang cara memberi nama senyawa alkana dengan dua cabang berbeda. Jika kamu memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan, bisa tulis di kolom omentar di bawah atau pada kolom komentar video Youtube Shorts saya diatas. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Tata Nama Senyawa Alkana Dengan Dua Cabang Berbeda"