Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Garam Na3PO4 Dapat Membirukan Kertas Lakmus Merah?

Hai, selamat datang di blog avkimia.com. Pada artikel kali ini kita akan bahas alasan suatu senyawa garam dapat memerahkan atau membirukan kertas lakmus. Pembahasan ini berhungan dengan penjelasan tentang mengapa senyawa garam dapat bersifat asam dan basa. Bagaimana cara membuktikannya?


Tersedia juga video Youtube Shorts yang menjelaskan secara singkat jawaban dari pertanyaan ini. Jika kamu tertarik, kamu bisa klik video berikut ini.

Senyawa garam yang kita bahas kali ini yaitu natrium fosfat (Na3PO4) yang larutannya bersifat basa sehingga dapat membirukan kertas lakmus merah. Untuk membuktikan bahwa Na3PO4 bersifat basa, kita bisa tulis reaksi hidrolisisnya terlebih dahulu.


Na3PO4 adalah garam yang mengion menurut persamaan reaksi:

Na3PO4 ==> 3Na+ + PO4^3-


Ion positif yaitu Na+ berasal dari basa kuat NaOH. Kita tahu, ion yang berasal dari asam maupun basa kuat tidak mengalami hidrolisis (tidak bereaksi dengan air). sedangkan ion PO4^3- adalah ion yang berasal dari asam lemah H3PO4 sehingga di dalam air akan terhidrolisis.


Berikut adalah reaksi hidrolisis dari garam Na3PO4.

Na+ + H2O ==> tidak bereaksi

PO4^3- + 3H2O ==> H3PO4 + 3OH-


Nah, dari reaksi hidrolisis ion PO4^3-, dihasilkan ion OH- di bagian produk. Inilah bukti yang menunjukkan bahwa garam Na3PO4 bersifat basa karena ketika mengalami hidrolisis, dihasilkan ion OH-. Oleh karena itulah, garam Na3PO4 dapat membirukan kertas lakmus merah.


Itulah penjelasan yang membuktikan bahwa mengapa suatu garam bersifat basa dan dapat membirukan kertas lakmus merah.


Jika garam bersifat asam dan dapat memerahkan kertas lakmus biru, maka kita bisa bisa simpulkan bahwa dari reaksi hidrolsiis garam tersebut dihasilkan H+ di bagian produk. Kita bisa contohkan dengan garam NH4NO3.


Garam NH4NO3 mengion menurut persamaan reaksi:

NH4NO3 ==> NH4+ + NO3-


Ion yang terhidrolsiis di dalam air hanyalah ion NH4+ karena berasal dari basa lemah NH4OH. Reaksi hidrolisisnya adalah sebagai berikut:

NH4+ + H2O ==> NH4OH + H+


Nah, dari reaksi hidrolisis diatas terbuktilah bahwa alasan mengapa senyawa garam NH4NO3 bersifat asam dan dapat memerahkan kertas lakmus biru karena pada reaksi hidrolisisnya dihasilkan ion H+.


Pada garam yang bersifat netral seperti NaCl, tidak dihasilkan H+ maupun OH_ karena ion – ion dari garam ini tidak bereaksi dengan air. Akibatnya, kesetimbangan H+ dan OH- di dalam air tidak terganggu sehingga larutan garam memiliki pH = 7 dan tidak mengubah warna kertas lakmus.


Nah, dari penjelasan sinfakt diatas, semoga kamu paham alasan mengapa larutan dari suatu garam dapat memerahkan atau membirukan kertas lakmus. Jika kamu masih punya pertanyaan, kamu dapat tulis di kolom komentar ya. 

Posting Komentar untuk "Mengapa Garam Na3PO4 Dapat Membirukan Kertas Lakmus Merah?"