Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentukanlah Garam Berikut Yang Larutannya Memiliki pH < 7?

Hai, pada artikel kali ini kita akan bahas soal berikut yaitu soal tentang cara menentukan garam yang larutannya memiliki pH tertentu. 


Contoh Soal 

Tentukanlah diantara garam berikut yang larutannya memiliki pH < 7

1. NH4F

2. FeSO4

3. K2CO3

4. NH4I


Pembahasan:

Larutan dari garam yang memiliki pH < 7 berarti bersifat asam. Garam yang bersifat asam adalah garam AK + BL yang mengalami hidrolisis parsial. jadi, untuk menjawab soal diatas, kita tinggal cari mana diantara garam tersebut yang tergolong garam AK + BL.


NH4F

Asam basa pembentuk garam NH4F adalah NH4OH (BL) dan HF (AL). Garam ini hanya bisa ditentukan jika data Ka dan Kb asam basa pembentuknya diketahui. Karena di soal tidak ada Ka dan Kb, maka kita ngak tahu garam NH4F tersebut.


FeSO4

Asam basa pembentuk dari garam FeSO4 adalah Fe(OH)2 (BL) dan H2SO4 (AK). Karena asamnya golongan kuat, maka sifat dari garam ini adalah asam. Garam inilah yang memiliki pH < 7.


K2CO3

Asam basa pembentuk dari garam K2CO3 adalah KOH (BK) dan H2CO3 (AL). Karena basa garam ini dari golongan kuat, maka sifat dari garam ini adalah basa. Harusnya garam ini memiliki pH > 7.


NH4I

Asam basa pembentuk dari garam NH4I adalah NH4OH (BL) dan HI (AK) sehinga bersifat asam dan memiliki pH < 7.


Nah, diantara garam diatas yang memiliki pH < 7 adalah FeSO4 dan NH4I.


Tersedia juga video youtube shorts yang berisi penjelasan tentang soal ini secara singkat yang bisa kamu saksikan berikut. 

Nah, sekian penjelasan tentang soal ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lain kamu bisa tulis di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Tentukanlah Garam Berikut Yang Larutannya Memiliki pH < 7?"