Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Posisi Titik Terhadap Sumbu x dan Sumbu y Tanpa Perlu Membuat Bidang Koordinat

Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara menentukan posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y tanpa perlu membuat bidang koordinat.


Kalian kan tahu nih kalau bidang koordinat itu terdiri dari sumbu x dan sumbu y. Sumbu x adalah yang mendatar atau yang horizontal dan sumbu y adalah yang vertikal atau yang tegak.


Kalau kamu perhatikan bidang koordinat seperti gambar dibawah ini, ternyata sumbu x maupun sumbu y membagi bidang menjadi dua bagian. Kalau sumbu x itu membagi bidang menjadi dua bagian yang disebut atas dan bawah. Sedangkan sumbu y membagi bidang menjadi dua bagian yang disebut kiri dan kanan.


Jika terdapat suatu titik pada bidang koordinat, kita bisa menentukan apakah titik tersebut berada di atas atau dibawah sumbu x serta di kiri atau di kanan sumbu y hanya dengan memperhatikan tanda dari koordinat titik nya. Jadi kita nggak perlu bikin bidang koordinat yang pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Kecuali soalnya meminta kita untuk menggambar titik tersebut pada bidang koordinat.


Kita tahu, koordinat satu titik itu dinyatakan dengan (x,y). x adalah absis, sedangkan y adalah ordinat.


Contoh:

Titik A (3, -4)

x = 3 dan y = -4


Cara Menentukan Jarak Suatu Titik Terhadap Sumbu x dan y

Posisi dan Jarak Titik Terhadap Sumbu x

Untuk mengetahui posisi suatu titik terhadap sumbu x ( apakah berada di atas atau di bawah), perhatikan tanda dan nilai dari y-nya.

  • Jika y = + maka titik tersebut berada di atas sumbu x
  • Jika y = - maka titik tersebut berada di bawah sumbu x


Titik A dengan koordinat (3, -4) memiliki y yang bernilai negatif. Maka dapat kita katakan bahwa titik A itu berada 4 satuan di bawah sumbu x.


Contoh lain misalnya kita punya titik B (-2, 9). Karena nilai y dari titik b bernilai positif, maka titik B berada 9 satuan diatas sumbu x.


Nah, mudah bukan.


Posisi Titik Terhadap Sumbu y 

Nah, kalau ingin melihat bagaimana posisi titik terhadap sumbu y, perhatikan tanda dan nilai dari x-nya.

  • Jika x = +, berarti titik berada di kanan sumbu y
  • Jika x = -, maka titik akan berada di kiri sumbu y


Sebagai contoh, mari perhatikan kembali titik A yang punya koordinat (3,-4). Karena nilai x dari titik ini bertanda positif maka titik tersebut berada 3 satuan di kanan sungguh y.


Sedangkan titik B yang nilai x-nya bernilai negatif (-2), maka dapat kita simpulkan bahwa titik b ini berada 2 satuan dikirim sumbu y.


Dengan mengingat tanda dan nilai dari koordinat masing-masing titik, kamu dapat menentukan bagaimana posisi titik terhadap sumbu x maupun sumbu y.


Agar kamu lebih paham lagi mengenai materi ini mari kita bahas satu contoh soal sebagai berikut.


Contoh Soal Menentukan Posisi dan Jarak Titik Terhadap Sumbu x dan y

Contoh Soal

Tentukanlah posisi titik titik berikut terhadap sumbu x dan sumbu y.

  1. P (2, 6)
  2. Q (4, -1)
  3. R (-5, 2)
  4. S (-3, -3)


Pembahasan:

Titik P

Karena nilai x dan y dari titik p adalah positif berarti titik y berada 6 satuan di atas sumbu x dan 2 satuan di kanan sumbu y.


Titik Q

Titik Q memiliki nilai y yang negatif. Berarti titik Q itu berada satu satuan di bawah sumbu x. Dan karena nilai x-nya positif maka. Q berada 4 satuan di kanan sumbu y.


Titik R

Titik r memiliki nilai y yang positif sehingga berada 2 satuan di atas sumbu x. Sedangkan karena nilai x yang negatif titik R berada 5 satuan di kiri sumbu y.


Titik S

Titik s memiliki nilai x dan y yang keduanya negatif. Maka dapat dikatakan bahwa titik s berada 3 satuan di bawah sumbu x dan 3 satuan di kiri sumbu y.


Jika di antara kamu ada yang malas membaca penjelasan diatas, saya juga sudah bikin lo video youtube terkait materi tersebut. Videonya ngak panjang kok, hanya sekitar 2 menit-an. Berikut adalah videonya.

Nah, sampai di sini kita sudah membahas secara lengkap bagaimana cara menentukan posisi suatu titik terhadap sumbu x maupun sumbu y tanpa perlu membuat bidang koordinatnya. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat Jangan lupa untuk di share juga ya agar orang lain juga menemukan manfaatnya. Dan yang terakhir jika terdapat kesalahan terhadap pembahasan kali ini mohon dikoreksi juga ya di kolom komentar. Sampai jumpa lagi di artikel matematika lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Posisi Titik Terhadap Sumbu x dan Sumbu y Tanpa Perlu Membuat Bidang Koordinat"