Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Reaksi Hidrolisis dalam Kehidupan Sehari - Hari

Hidrolisis adalah proses dimana senyawa-senyawa kimia dipecah oleh penambahan air. Hidrolisis berasal dari kata yunai yaitu "Hidro" yang berarti air dan "Lysis" yang berarti pemisahan.

Biasnya disekolah kita hanya belajar mengenai konsep reaksi dan fakta tentang hidrolisis. Hal ini emmbuat pembelajaran jadi tidak bermakna. Untuk itu, kita harus mengetahui contoh penerapan konsep hidrolisis dalam ehidupan sehari - hari agar kita yakin bahwa ilmu ini emmang memiliki peranan besar dalam kehidupan.

Apa saja contoh penerapan konsep hidrolisis dalam kehidupan sehari hari? Berikut daftarnya!

  1. Garam natrium asetat ketika ditambahkan kedalam air, maka ikatan kimia dalam senyawa tersebut putus sehingga membentuk ion natrium dan ion asetat. Ion asetat akan mengalami hidrolisis dalam air membentuk senyawa asam yang disebut asam asetat.
  2. Alkil halida adalah senyawa kimia yang biasa digunakan sebagai zat pendingin seperti CFCs (klorofluorokarbon). Ketika air ditambahkan pada senyawa alkil halida, reaksi kimia yang terjadi akan mengubahnya menjadi alkohol yang secara umumlemah aman terhadap lingkungan.
  3. Penambahan air pada ester, senyawa yang digunakan dalam banyak hal mulai dari bahan peledak sampai poliester,mengakibatkan esternya akan kembali membentuk asam karboksilat dan alkohol. Reaksi dikenal dengan nama hidrolisis.
  4. Sukrosa, juga dikenal dengan nama gula pasir yang biasa kita gunakan sebagai pemanis. Hidrolisis sukrosa akan memecah molekulnya menjadi dua monosakarida berbeda yaitu glukosa dan frutosa. 
  5. Hidrolisis dari selulosa, senyawa organik yang digunakan untuk membuat berbagai macam hal seperti kertas sampai biofuel, membuat ikatan kimia antara selobiosa dan selulase terpisah. Selobiosa kemudian dapat mengalami reaksi hidrolisis lanjut menghasilkan molekul glukosa.
  6. Epoksida, adalah senyawa kimia yang banyak digunakan untuk membuat perekat atau berbagai macam jenis resin. Ketika dihidrolisis, ikatan kimianya melemah membentuk senyawa diol, yaitu senyawa alkohol yang punya dua gugus hidroksil. Senyawa diol yang paling umum ditemukan dalam kehidupan sehari - hari adalah gula dan selulosa.
  7. Amida adalah senyawa kimia yang ketika mengalami hidrolisis akan terpecah menghasilkan asam karboksilat (asam yang setipe dengan asam cuka) dan amina (seperti asam amino).
  8. Hidrolisis senyawa karbamat, yang secara luas digunakan untuk membuat produk seperti poliuretan dan beberapa jenis insektisida, menghasilkan alkohol dan amina.
  9. Proses hidrolisis yang terjadi pada senyawa nitril akan membentuk senyawa asam karboksilat dan amonia (NH3).
  10. Senyawa sulfonilureas dan organofosfat ester bisa dihidrolisis menjadi beberapa jenis racun serangga dan pestisida.
  11. Trigliserida jika mengalami hidrolisis akan terdekomposisi menjadi gliserol dan beberapa asam lemak yang mungkin sama atau berbeda. Senyawa inimerupakan unsur utama penyusun minyak sayur.
  12. Proses pencernaan makanan adalah salah satu dari proses hidrolisis dimana air membantu memecah makanan yang kita makan untuk lebih sederhana dan bisa diserap tubuh.
  13. Sabun adalah salah satu produk yang dibuat dengan hidrolisis. Ketika trigliserida atau lemak dihidrolisis, gliserol dan asam lemak terbentuk. asam lemak hasil hidrolisis tersebut yang akan diolah menjadi sabun melaui reaksi dengan suatu basa.

Nah, itulah beberapa konsep hidrolisis yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari hari. semoga denganmengetahuinya alian jadi lebih semangan dalam belajar.

Posting Komentar untuk "Contoh Reaksi Hidrolisis dalam Kehidupan Sehari - Hari"