Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vitamin K

Vitamin K di temukan petama kali di negara Denmark tahun 1964 dimana ditemukan anak ayam yang diberikan makan ransum bebas lemak, tetapi akhirnya menunjukkan gejala hemorhagia.

Hemoraghia adalah salah satu penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin K. Jika terjadi pada bayi, hemorhagia dapat dicegah dengan memberikan vitamin K pada ibu saat masih mengandung.

Vitamin K dikenal juga dengan nama vitamin koagulasi karena peranannya dalam menjadi konsistensi aliran darah dan membekukannya (koagulasi) jika diperlukan misalnya saat terjadi luka di tubuh.


Kekurangan vitamin K menyebabkan waktu pembekuan darah lebih lama atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Akibatnya, jika luka terjadi, maka darah akan terus mengalir tanpa henti sehingga berbahaya bagi penderitanya.

Bagaimana vitamin K berperan dalam emmbekukan darah? Berikut adalah tahap kasarnya.

  1. Protombin dengan adanya tromboplastin, kalsium dan faktor-faktor lain akan dibuah menjadi trombin.
  2. Perubahan fibrinogen menadi gumpalan/benang – benang fibrin sehingga pendarahan berhenti.

Sumber makanan yang mengandung vitamin K 
Susu, kuning telur, sayuran segar dan lain-lain.

Vitamin K ada riga jenis yaitu :

  1. Vitamin K1 ==> filoquinon, yaitu jenis vitamin K yang dihasilkan oleh sayuran hijau.
  2. Vitamin K2 ==> menaquinon, yang dihasilkan oleh jaringan hewan dan bakteri menguntungkan didalam sistem percernaan.
  3. Vitamin K3 ==> menadion, merupakan vitamin K sintetik yang larut dalam air dan digunakan untuk penderita yang mengalami gangguan penyerapan vitamin K dan penyerapan nutrisi makanan.

Fungsi vitamin K oleh tubuh :

  1. Memelihara kadar normal faktor – faktor pembekuan darah yaitu faktor II, VII, IX dan X. Faktor pembekuan darah ini disintesis dihati.
  2. Berperan dalam sintesis faktor II yaitu protombin.
  3. Sebagai komponen koenzim dalam proses fosforilasi.

Vitamin K bersaman retinol (vitamin A) banyak digunakan pada rim mata untukmembuatnya lebih cerah dan bersinar. Vitamin K dapat membantu menghilangkan lingkar hitam mata yang muncul kalau kita sering begadang/kurang tidur. Akibat kekurangan tidur, pembuluh kapiler disekitarmata rentan bocor yang diyakini menjadi penybab munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Vitamin K juga dikenal dengan nama phytonadione yang membantu mnegontrol aliran darah, pembentukan tulang dan pemeliharaan kesehatan ginjal.

Metobolisme vitamin K didalam tubuh.
Vitamin K tidak disintesis didalam tubuh sehingga harus disediakan dari bahan makanan atau juga bisa disediakan oleh produk mikro-organisme didalam usus besar. jika kita biasa mengkonsumsi antibiotik, maka biasanya bakteri baik di usus besar akan mati, sehingga sumber vitamin K harus didatangkan lebih banyak dari makanan.

Penyerapan vitamin K memerlukan empedu dan lemak. Hanya sekitar 80% vitamin K dalam makanan yang diserap, sedangkan 20% lainnya dibuang melalui tinja. Penyerapan aktif vitamin K dilakukan oleh mukosa usus halus proksimal dan ditranfer bersama lemak berbentuk kilomikron.

Vitamin K yang tidak dibutuhkan tubuh akan dikonjugasi oleh hati dengan asamlemak glukoronat dan asam sulfat kemudian dieksresikan lewat ginjal.

Posting Komentar untuk "Vitamin K"