Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selebriti Hollywood ini Pernah Menulis Paper Ilmiah. Kereeen!

Siapa bilang selebriti hanya mementingkan soal karir dan kehidupan glamour saja. Ada juga loh beberapa selebriti terkenal Hollywood yang diam – diam sudah pernah menerbitkan penelitian ilmiah mereka sendiri. Wow amazing!! Siapa saja mereka, cek it dot.

1. Lisa Kudrow
Image: By Lan Bui - Streamy Awards Photo 375, CC BY-SA 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=6641511
Aktris Lisa Kudrow, yang dikenal masyarakat lewat perannya sebagai Phoebo Buffay dalam sitkom populer Amerika “Friends”, telah mencoba melakukan penelitian dalam bidang psikologi. Ayahnya, Lee Kudrow merupakan seorang ahli syaraf (neurologist) yang mendirikan California Medical Clinic untuk Sakit Kepala.

Lisa bersama ayahnya bekerja dalam suatu project penelitian tentang dampak kecenderungan seseorang menggunakan tangan kanan atau kiri terhadap migrain (sakit kepala sebelah). Hasil penelitian Lisa dan ayahnya ini diterbitkan setahun setelah sitkom populer “Friends” debut di TV.

 2. Tim Duncan

Pecinta basketball pasti tahu siapa Tim Duncan. Ya, ia adalah bintang basketball dari klub San Antonio Spurs yang sekarang sudah pensiun. Ketika Tim menjadi mahasiswa di Wake Forrest University,  ia pernah menulis penelitian dibidang psikologi tentang sifat egoisme seseorang.

Tim dan temannya Mark Leary memeriksa tentang perilaku narsistik (narsis) pada seseorang dan reaksi orang lain terhadap perilaku narsis tersebut. Ia menemukan bahwa sifat egoisme muncul ketika seseorang berfikir bahwa dirinya lebih hebat dibandingkan orang lain, sehingga ia akan mencoba memunculkan kesan positif dan perasaan inferioritas kepada orang lain.

3. Kristen Stewart

Mungkin tak ada yang tak mengenalnya. Ya, Kristen Stewart adalah aktris populer Hollywood sejak masa kecilnya. Ia lebih dikenal orang setelah perannya sebagai Bella Swan dalam film Twilight. Selain itu ia juga merupakan seorang sutradara.

Tetapi siapa sangka Kristen pernah membantu menulis publikasi ilmiah yang terkait dengan film pendek yang disutradarainya. Film pendek ini bercerita tentang seorang pria yang ingin memuaskan dahaganya menggunakan impresionisme dan realisme. Ia menggunakan teknik digital yang rumit yang disebutnya “neural-style tranfer”, untuk melengkapi sketsanya ke dalam rekaman video. Teknik ini menggunakan jaringan saraf konvolusi untuk mengubah rekaman video secara real time.

Intinya publikasi ilmiah yang dilakukan Kristen Steward merupakan strudi kasus penerapan teknik diatas untuk membuat film.

4. Natalie Portman
Image: By Georges Biard, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=40754672
Sebagai lulusan Harvard University di bidang psikologi pada tahun 2003, Natali Portman mendapatkan gelar B.A dan ia merupakan siswa yang pintar. Ia bahkan melewatkan premiere film Star Wars Episode I karena ingin fokus belajar untuk menghadapi ujian sekolah.

Ketika sekolah, Natali pernah menerbitkan dua buah penelitian ilmiah. Yang satu diterbitkannya ketika masih duduk di bangku SMA (1998). Penelitiannya adalah tentang bagaimana sampah biodegradable bisa diubah menjadi energi.

Penelitian kedua dipublikasikan pada tahun 2002 di bidang psikologi yang ia pelajari. Penelitian kedua ini tentang bagaimana daya ingat berpengaruh terhadap konsentrasi hemoglobin di dalam otak.

5. Dexter Holland (Bryan Holland)

Dexter Holland adalah penyanyi, gitaris dan penulis lagu punk rock dari band The Offsring. Tetapi siapa sangka ia adalah doktor di bidang mikrobiologi. Tampaknya tidak ada hubungan sama sekali ya antara band dengan mikrobiologi.

Dexter Holland merupakan lulusan S1 dan S2 di bidang mikrobiologi dari University of Southerm California. Dan ia kemduian melanjutkan program doktoralnya (PhD) di Keck Shcool Medicine dan baru lulus pada 12 May yang lalu.

Selama menjadi mahasiswa doktoral, ia pernah mempublikasi penelitian ilmiah tentang mengidentifikasi urutan mikroRNA pada virus HIV. Urutan mikroRNA ini bisa membantu virus untuk menghindari respon imunitas dari inangnya (misalnya manusia) dan membuatnya bisa bertahan hidup.

Source : http://www.zmescience.com/other/feature-post/celebrities-secretly-published-scientific-papers/

Posting Komentar untuk "Selebriti Hollywood ini Pernah Menulis Paper Ilmiah. Kereeen!"