Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 8 Tentang Memahami Posisi Garis Terhadap Sumbu-x dan Sumbu-y Bagian 2

Soal 1
Diketahui titik A (5,6), B(3,-3) dan C(-4,6)
a. Jika dibuat garis yang melalui titik A dan B, bagaimanakah kedudukan garis tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y
b. Jika dibuat garis melalui titik A dan C, bagaimanakah kedudukan garis tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y
c. Jika dibuat garis yang melalui titik B dan C, bagaimanakah kedudukan garis tersebut terhadap sumbu-x dan sumbu-y

Jawab:
a. Garis yang melalui titik A dan B
Garis yang melalui titik A dan B tidak tegak lurus maupun sejajar dengan sumbu-x dan sumbu-y.

b. Garis yang melalui titik A dan C

Garis yang melalui titik B dan C tegak lurus terhadap sumbu-y sejajar dengan sumbu-x.

c. Garis yang melalui titik B dan C
Garis yang melalui titik A dan C tidak tegak lurus maupun sejajar dengan sumb u-x dan sumbu-y.

Soal 2
Perhatikanlah gambar berikut!
Diketahui garis l1 melalui titik A (1,0), garis l2 melalui titik B(3,0), garis l3 melalui titik C(6,0) dan garis l4 melalui titik S(10,0). Dengan pola tersebut, tentukanlah koordinat titik yang dilalui oleh garis l10?

Jawab :

Coba perhatikan nilai sumbu x yang dilalui oleh garis l1 sampai l4.
l1 ==> x = 1
l2 ==> x = 3 (bertambah 2 dari nilai x sebelumnya)
l3 ==> x = 6 (bertambah 3 dari nilai x sebelumnya)
l4 ==> x = 10 (bertambah 4 dari nilai x sebelumnya)

maka berdasarkan pola tersebut dapat dipastikan bahwa perbedaan nilai x dari l5 dan l4 adalah 5 dari nilai x sebelumnya. Maka :
l5 (bertambah 5 dari nilai x l4) ==> x = 15
l6 ( bertambah 6 dari nilai x l5) ==> x = 21
l7 (bertambah 7 dari nilai x l6) ==> x = 28
l8 (bertambah 8 dari nilai x l7) ==> x = 36
l9 (bertambah 9 dari nilai x l8) ==> x = 45
l10 (bertambah 10 dari nilai x l9) ==> x = 55

Jadi koordinat titik yang dialui oleh l10 adalah (55,0).

Nanti di kelas 9 SMP kalian akan belajar cara mudah untuk menjawab soal dengan pola bilangan seperti diatas. Nah, karena ini masih kelas 8 jadi cara manual saja yang kita pakai terlebih dahulu.

Soal 3
Poligon IJKL digambar dalam bidang koordinat sehingga I berada pada titik asal dan IJ berada pada sumbu-x. Titik koordinat I, J, dan L diketahui. Tentukan koordinat titik K dalam variabel a, b, dan c. Apakah IL dan JK sejajar? Jelaskan bagaimana kalian mengetahuinya.

Jawab:
Ini juga sebenarnya soal – soal kelas 7 tentang bagun datar yang sudah kalian pelajari. Hanya saja diaplikasikan ke sistem koordinat.

Dalam soal dikatakan bahwa:
I (0,0)
J (a,0)
L (b,c)
Dan titik K belum diketahui koordinatnya. Nah tugas kita adalah menentukan koordinat titik a itu.

Karena koordinat titik lain dimisalkan dengan variabel, maka variabel itu boleh kita ganti dengan angka yang kita mau. Misalnya
a = 6
b = 2
c = 4
Maka, koordinat :
Titik J = (6,0)
Titik L = (2,4)

Agar lebih jelas perhatikanlah gambar berikut:

Baguan IJKL merupakan jajar genjang. Salah satu sigat jajar genjang adalah jarak titik pusat ke b = 2 sama dengan jarak a = 6 ke tanda tanya (?) yaitu 2 satuan (perhatikanlah gambar). Maka nilai tanda tanya tersebut adalah :
= a + 2
= 6 + 2
= 8

Koordinat titik K adalah (?,c) = (8,4)

Pada jajar genjang juga berlaku sifat :
Garis IJ sejajar dengan KL atau IJ //KL
Garis IL sejajar dengan JK atau IL//JK

Soal 4
Persegi panjang ABCD  memiliki panjang AB = 10 satuan dan AD = 8 satuan. Tentukan titik titik koordinat persegi panjang untuk setiap syarat berikut.
a. AB berada pada sumbu-x dan sumbu-y adalah sumbu simetrinya.
b. sumbu-x dan sumbu-y adalah sumbu simetrinya.

Jawab :
Langsung kita gambar saja ya!
a. AB  berada pada sumbu-x dan sumbu-y adalah sumbu simetrinya.
b. Sumbu-x dan sumbu-y adalah sumbu simetrinya

Oke selesai sudah tutorial kita mengenai memahami posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y ya! Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare agar manfaatnya semakin banyak lagi!

Posting Komentar untuk "Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 8 Tentang Memahami Posisi Garis Terhadap Sumbu-x dan Sumbu-y Bagian 2"