Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Coklat Beracun Bagi Anjing?

Siapa yang tak suka dengan coklat. Bahan paling populer yang bisa kamu temukan dalam berbagai jenis makanan seperti es krim, isian roti, kue, snack atau coklat batangan yang dijual bebas di pasaran. Melihatnya saja sudah bikin ngiler, apalagi ketika dimakan, uuhhhh. . . lumer di mulut.

Aneka macam colat yang dijual dan pasti bikin ngiler. Sumber foto: free foto from pixabay
Coklat memang sangat baik bagi kesehatan manusia dan membuat kita yang mengkonsumsinya menjadi rileks, seakan – akan tidak punya masalah. Sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh orang bahwa coklat memang memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan manusia.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsi coklat:
  1. Baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah.
  2. Mengurangi resiko terkena penyakit stoke
  3. Coklat merupakan bahan makanan yang kaya mineral.
  4. Coklat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  5. Coklat juga dapat membuat kulit menjadi semakin cantik.
  6. Coklat bisa membantu mengurangi berat badan (what?? Ini luar biasa ladies)
  7. Coklat juga bisa mencegah penyakit diabetes.
  8. Coklat sangat baik untuk kesehatan otak (membuat kita jadi pintar. Habis ini suruh emak beliin banyak coklat ahbiar jadi anak pintar, wkwk)
  9. Coklat bisa dikonsumsi oleh semua orang dalam berbagai umur. Bayi pun bisa.
  10. Coklat membuat kamu merasa lebih baik.

Dengan begitu banyaknya manfaat mengkonsumsi coklat untuk kesehatan, tidak heran coklat menjadi salah satu makanan yang paling laris di pasaran.

Tapi, jika kamu suka makan coklat, jangan pernah sekali – kali berikan ke anjing peliharaan kamu ya. Kenapa demikian? Karena ternyata manfaat yang banyak diatas malah tidak bisa dirasakan oleh anjing. Coklat ternyata merupakan bahan makanan beracun untuk anjing.

Apa yang membuat coklat beracun bagi anjing?
Coklat dibuat dibuat dari biji pohon coklat (kakao) yang aslinya memiliki rasa pahit. Jadi coklat manis yang kita suka beli itu sudah ditambah pemanis didalamnya. Rasa pahit dan warna gelap dari coklat ini disebabkan karena coklat mengandung senyawa theobromine yang merupakan golongan senyawa metilxantine.

Theobromin merupakan senyawa yang berfungsi sebagai strimulan untuk sistem syaraf pusat dan sistem kardiovaskular.

Jumlah theobromine didalam coklat sebenarnya tidak terlalu banyak, sehingga tidak menimbulkan efek yang berarti jika dikonsumsi oleh manusia. Manusia juga memiliki ukuran tubuh yang besar dan sistem metabolisme tubuh yang cepat, sehingga zat tersebut bisa dicerna dengan baik oleh tubuh.

Berbeda dengan anjing yang ukuran tubuhnya lebih kecil dan sistem metabolisme yang lambat, membuatnya memiliki efek yang besar walaupun hanya mengkonsumsi coklat yang mengandung theobromine  dalam jumlah yang sedikit.

Anjing membutuhkan waktu kira – kira 17,5 jam untuk mencerna setengah jumlah theobromine yang ia konsumsi. Bayangkan, jika jumlah coklat yang dikonsumsi sangat banyak, tentu akibatnya bisa sangat berbahaya dan fatal seperti terjadinya kematian.

Anjing juga memiliki penciuman yang tajam dan dapat merasakan rasa manis dari coklat, sehingga mereka cenderung akan mengkonsumsi coklat yang tersedia dalam jumlah berapapun.

Jika sudah mengalami keracunan theobromine, biasanya akan timbul gejala – gejala berikut pada anjing :
1. Anjing sering mengalami mual dan muntah setelah mengkonsumsi coklat
2. Terjadinya peningkatan intensitas buang air kecil.
3. Diare
Kombinasi dari alasan – alasan diataslah yang membuat coklat bersifat beracun bagi anjing. Untuk itu, kalian yang punya peliharaan anjing di rumah, berhati – hatilah menaruh bahan makanan yang mengandung coklat atau produk – produk coklat lainnya agar tidak dikonsumsi oleh anjing kalian.

Tidak mau kan binatang peliharaan kesayangannya sakit atau mati.

Oke, samapi disini artikel informatif ini saya bagikan. Semoga bermanfaatdan menambah ilmu pengetahuan kalian ya! Jika kalian suka artikel ini, jangan lupa di share ya!

Posting Komentar untuk "Kenapa Coklat Beracun Bagi Anjing?"