Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 7 SMP Tentang Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Pecahan

Sebelum saya berikan tutorial menjawab soal tentang menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat, ada baiknya kita ingat terlebih dahulu konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan.
  1. Pecahan hanya bisa dijumahkan atau dikurangkan jika penyebutnya sudah sama. Jika penyebut pecahan – pecahan yang akan dikurangkn atau dijumlahkan tidak sama, maka kalian samakan terlebih daulu.
  2. Pecahan yang dijumlahkan harus dalam satu jenis pecahan. Misalnya pecahan bisa dengan pecahan biasa, desimal dengan desimal atau persen dengan persen. Jika pecahan pecahan yang akan dijumlahkan atau dikurangkan tidak sejenis, maka ubahnya terlebih dahulu agar sejenis.
  3. Jika hasil penjumlahan atau pengurangannya bisa disederhanakan, maka kita harus menyederhanakannya.
Oke, mari kita mulai !


Soal 1
Tentukanlah hasil penjumlahan berikut!

Pembahasan :
Karena penyebut pecahannya sudah sama, penjumlahan pecahan nomor a dan b bisa langsung kita lakukan yaitu dengan menjumlahkan pembilangnya. Ingat, jangan lupa untuk menyederhakan hasil penjumlahannya jika memang masih bisa disederhanakan.
Jika pembilangnya lebih besar dibandingkan penyebut, maka pecahan biasa itu bisa kita ubah menjadi pecaham campuran.

Pecahan campuran dari 4/3 adalah 1 1/3.

Untuk soal nomor c dan d, karena pecahannya tidak sejenis (ada pecahan campuran dan pecahan biasa) maka kita sejeniskan terlebih dahulu yaitu dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa).

Karena penyebutnya tidak sama, maka wajib kita samakan terlebih dahulu agar bisa dijumlahkan.
Dengan cara yang sama seperti nomor c, kita bisa langsung menjawab soal nomor d ini.

Soal 2
Tentukanlah hasil dari operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berikut ini!

Pembahasan :
Untuk soal nomor a dan b, kita harus samakan penyebutnya terlebih dahulu dengan cara mencari KPK nya.

KPK 15, 2 dan 10 adalah 30

KPK 7, 21 dan 14 adalah 21

Untuk soal no c dan c, penjumlahan pecahannya kita pisah dimana bilangan bulat dijumlahkan/dikurangkan dengan bilangan bulat, pecahan dengan pecahan. Agar mengerti perhatikanlah cara menjawabnya sebagai berikut :

Dengan cara yang sama seperti contoh diatas, maka tentunya kamu bisa mengerjakan soal nomor d bukan!

Untuk soal nomor e, kita harus sejeniskan pecahannya terlebih dahulu. Karena sudah ada dua pecahan berbentuk persen, maka pecahan ketiga kita ubah saja ke persen.

Sampai persen saja sudah benar jawabannya.

Soal 3
Ibu Sindy membeli dua ekor ayam. Satu ekor beratnya  1 1/4 kg dan satu ekor lainnya beratnya  2  4/5 kg. berapa berat kedua ekor ayam tersebut?

Pembahasan :
Karena yang ditanya adalah berat total kedua ekor ayam, berarti ini adalah soal penjumlahan pecahan.

Berat total ayam

Soal 4
Ibu Sundari membeli 1 kg minyak goreng. Ditengah jalan minyak goreng itu tumpah. Setelah ditimbang, minyak goreng yang tersisa hanya 1/3 kg. Berapa kg minyak goreng yang tumpah.

Pembahasan :
Banyak minyak goreng yang tumpah pasti sama dengan banyak minyak goreng semula dikurangi dengan banyak minyak goreng tersisa.

Soal 5
Setelah pak Majid pensiun dari pegawai negeri, Ia membeli 1 hektar tanah. Pada tanah itu ia menanam berbagai jenis bunga seluas 4/5 hektar dan di tanah yang masih kosong, ia mendirikan pondok pesantren. Berapa luas tanah tempat pondok pensantren itu dibangun?

Pembahasan :
Luas tanah tempat pondok pesantran dibangun pasti sama dengan luas tanah seluruhnya dikurangi dengan luas tanah yang ditanami bunga.

Secara matematika:

Jadi luas tanah yang dibuah pesantren adalah ¼ ha.

Soal 6
Pak Sani dan 3 orang temannya harus menyelesaikan panen tomat dalam minggu ini, karena minggu depan ia harus mempersiapkan pesta perkawinan putrinya. Agar panen dapat selesai, tiap – tiap mereka harus memanen tomat sebanyak 3/5 petak tomat. Berapa petak jumlah keseluruhan tomat Pak Sani?

Pembahasan :

Jumlah keseluruhan petak tomat pak Sani adalah :

Posting Komentar untuk "Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 7 SMP Tentang Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Pecahan"