Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 8 SMP K2013 Materi – Memahami Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar

Sebelum tutorial ini kalian lihat, agar kalian lebih paham apa yang saya jelaskan maka ada baiknya lihat dulu konsep penjumlahan dan pengurangan aljabar berikut :

  1. Tanda sebelum suku aljabar adalah miliknya. Misalnya bentuk aljabar 2x – 6y, tanda dari suku 2x adalah positif sedangkan tanda suku 6y adalah - .
  2. Yang bisa dijumlahkan hanyalah yang suku – sukunya sejenis. Suku – suku sejenis adalah suku – suku yang variabelnya sama.
  3. Jika kita akan membuka tanda kurung, maka tanda didepan kurung kita kalikan dengan semua tanda suku yang ada didalam kurung.

Soal 1 
Tentukan hasil dari (13a – 8b) + (12a + 9b) =  . . . .

Jawab :
Suku – suku sejenis
13a dengan 12 a dan – 8b dengan 9b.

Karena ada tanda kurung, maka tanda kurungnya kita buka terlebih dahulu. Yang perlu kalian perhatikan adalah pembukaan tanda kurung yang kedua, karena ada pengalian tanda di luar kurung dengan tanda setiap suku didalamnya.

(13a – 8b) + (12a + 9b)
= 13a – 8b + 12a + 9b (kelompokkan suku – suku yang sejenis)
= 13a + 12a - 8b + 9b
= 25a + b

Soal 2
Tentukanlah hasil operasi aljabar berikut !
(15i + 14j + 13k) + (-30i – 45j + 51k)

Jawab :
Suku – suku sejenis :
15i dan – 30i
14j dan – 45j
13k dan 51k

(15i + 14j + 13k) + (-30i – 45j + 51k) (buka kurung)
= 15i + 14j + 13k -30i – 45j + 51k (kelompokkan suku – suku sejenis)
= 15i – 30i + 14j – 45j + 13k + 51k
= - 15i – 30j + 64k

Soal 3
Tentukanlah hasil penjumlahan (3 – 17x + 35z) dan (4x + 23y – 9)

Jawab :
Suku – suku sejenis
3 dan – 9 ==> disebut konstanta karena tidak memiliki variabel
-17x dan 4x

(3 – 17x + 35z) + (4x + 23y – 9)
= 3 – 17x + 35z + 4x + 23y – 9
= 3 – 9 – 17x + 4x + 23y + 35z
= - 6 – 13x + 23y + 35z

Atau
= -13x + 23y + 35z – 9

Soal 4
Tentukanlah hasil orasi aljabar berikut ini!
(42n + 35m + 7) – (50m – 20n +9)

Jawab :
Nah, karena tanda diluar kurung kedua adalah negatif (-), maka hasil pengalian tanda didalam kurung akan sangat berubah. Perhatikanlah !

– (50m – 20m +9) = - 50m + 20n – 9

(42n + 35m + 7) – (50m – 20n +9) (buka kurung)
= 42n + 35m + 7 - 50m + 20n – 9
= 42n + 20n + 35m – 50m + 7 – 9
= 62n – 15m – 2

Soal 5
Tentukanlah hasil pengurangan (5x + 3) oleh (x – 1)

Jawab :
Jika ada kata – kata pengurangan A oleh B artinya bentuk aljabar A yang kita kurang dengan B.

= (5x + 3) – (x – 1)
= 5x + 3 – x + 1
= 5x – x + 3 + 1
= 4x + 4

Soal 6
Tentukanlah hasil pengurangan (4y – 8) dari (2y + 15z)

Jawab :
Jika ada kata – kata pengurangan A dari B artinya bentuk aljabar B yang dikrang dengan A

= (2y + 15z) – (4y – 8)
= 2y + 15z – 4y + 8
= 2y – 4y + 15z + 8
= - 2y + 15z + 8

Soal 7
Tentukanlah hasil pengurangan 5z + 3 oleh 2z – 7

Jawab :
Soal 7 ini sama dengan soal 5, hanya saja kita ahrus memberi kurung.

= (5z + 3) – (2z – 7)
= 5z + 3 – 2z + 7
= 5z – 2z + 3 + 7
= 3z + 10

Soal 8
Nyatakanlah keliling bangun datarberikut dalam bentuk aljabar!

Jawab :
Keliling bangun a = 4 x s = 4 x (a + a) = 4 x 2a = 8a
Keliling bangun b = 2p + 2l = 2 (3a) + 2 (3b) = 6a + 6b

Keliling bangun c
Keliling bangun
= a + b + c + (b – d) + d
= a + b + c + b – d + d
= a + 2b + c

Posting Komentar untuk "Tutorial Menjawab Soal Matematika Kelas 8 SMP K2013 Materi – Memahami Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar"