Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakteri dan Bentuk - Bentuk Tubuhnya

Apa Itu Bakteri? 

Tahukah kamu apa itu bakteri? berikut adalah fakta - fakta menarik yang bisa membuat kamu mengerti apa itu bakteri!.

Bakteri merupakan organisme paling tua yang berada di bumi, memiliki struktur yangsangat sederhana dan merupakan organisme terbanyak yang bisa ditemukan di bumi.

Bakteri juga merupakan satu – satunya organisme prokrariotik. Bakteri telah ada dan ditemukan sebagai fosil dalam bebatuan – bebatuan purba, yang diperkirakan berumur sekitar 3,5 – 3,8 miliar tahun.

Bateri juga merupakan makhluk hidup pertama yang menghuni bumi, jauh sebelum organisme eukariotik ada. Diperkirakan mereka sudahada sekitar 2 miliartahun sebelum organisme prokariotik pertama muncul.

Bakteri - bakteri yang dapat melakukan fotosintesis (cyanobakteria), mengubah atmosfer bumi yang awalnya tidak mengandung oksigen, menjadi mengandung oksigen sehingga memungkinkan organisme eukariotik atau bakteri – bakteri ekstrim untuk hidup dan tumbuh menjadi beranekaragam.

Bakteri memiliki peranan sangat penting baik dalam proses produksi ataupun daur ulang senyawa – senyawa esensial yang dipelrukan oleh makhluk hidup. Bakteri juga merupakan satu satunya organisme yang mampu mengikat nitrogen langsung dari atmosfer.

Ada sekitar 5000 jenis bakteri yang telah ditemukan dan dikelompokkan. Tetapi masih ada ribuan jenis bakteri lainnya yang belum teridentifikasi. Di setiap tempat dimanapun di bumi ini, ahli mikrobiologi selalu menemukan spesies bakteri baru.

Tahun 1970 – 1980-an, ada jenis bakteri baru yang berhasil dianalisis dan ditemukan sehingga ahli – hali mengelompokkan bakteri ini ke dalam jenis yang berbeda dari sebelumnya. Bakteri ini tergolong bakteri prokariotik yang disebut dengan archaebacteria (Archae).

Walaupun merupakan bakteri prokariotik, tetapi setelah dilihat menggunakan mikroskop, ternyata strukturnya berbeda jauh dengan organisme prokariotik lainnya. Oleh sebab itu, pengelompokkan bakteri ini tidak didasarkan pada ada atau tidaknya dinding sel, melainkan lebih kepada sistem metabolisme dan sifat – sifat genetiknya.

Bakteri hanya bisa dikelompokkan ketika mereka sudah tumbuh sampai ukuran medium. Hal ini disebabkan karena sifat – sifat bakteri sering berubah – ubah sesuai dengan kondisi pertumbuhannya.

Bakteri ada dimana – mana dan diseluruh bagian bumi. Bakteri bahkan bisa ditemukan hisup dalam bagian apapun pada organisme prokariotik. Bakteri juga bisa ditemukan di lingkungan – lingkungan super ekstrim yang tidak memungkinkan bagi banyak mahkluk hidup untuk hidup dan berkembang.

Bakteri dapat hidup pada sumber air panah, dimana organisme lain pasti akan masak jika hidup disana. Bakteri juga bisa ditekuman pada air dengan kadar garam yang sangat tinggi, dimana makhluk hidup lain dipastikan akan mengalami dehidrasi sel. Bakteri juga bisa hidup dilingkungan yang mengandung gas – gas beracun seperti metana dan hidrogen sulfida, dimana gas ini langsung membunuh organisme lainnya.

Lingkungan yang super ekstrim ini mungkin mirip dengan kondisi bumi ketika awal – awal kehidupan muncul sehingga bakteri dapat beradaptasi dan berevolusi dengan baik terhadap kondisi ektrim ini. Selain itu, mereka juga bisa menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi lingkungan di permukaan bumi.

Bentuk – Bentuk Tubuh Bakteri
Bakteri merupakan organimse dengan struktur yang sangat sederhana yang terdiri dari tiga bentuk sebagai berikut :

  1. Bacilus = bakteri dengan bentuk tubuh seperti batang dan lurus.
  2. Coccus = bakteri dengan betuk tubuh seperti bola
  3. Spirilus = bakteri dengan bentuk tubuh spiral, memanjang dan berbentuk helisx (mirip dengan struktur DNA).

Bakteri dengan bentuk bacilus dan coccus biasanya berkelompok dengan sel – sel bakteri lainnya dalam jumlah tertentu. Tetapi, bakteri spirilus tidak, mereka umumnya begerak sendiri – sendiri dalam lingkungannya.

Diantara tiga bakteri diatas, bakteri spirilus adalah bakteri dengan struktur yang paling kompleks. Mereka memiliki membran sel sehingga mereka dapat memutar tubuh spiralnya sehingga menciptakan gaya dorong. Dengan begitu, mereka bisa bepindah lebih cepat dari satu tempatke tempat lainnya.

Beberapa bakteri berbentuk batang dan bola membentuk koloni dengan jumlah atau panjang tertentu. Perhatikanlah gambar di bawah ini!


Keterangan :

  1. Pseudomonas aeruginosa, merupakan bakteri berbentuk batang dan memiliki flagel (bakteri bacilus). Bakteri ini merupakan bakteri yang menyembabkan banyak penyakit pada tanaman.
  2. Steprococcus, merupakan bakteri berbentuk bola dan membentuk rantai dengan sesama sel bakteri lainnya sampai pada jumlah 34.000 buah.
  3. Spirilium volutans, merupakan salah satu contoh bakteri spirilia (berbentuk spiral). Bakteri ini ukurannya sangat besar dan biasanya bisa dijumpai pada air – air yang tergenang.
Nah, sekian informasi tentang bakteri, fakta - fakta menarik tentangnya dan jenis - jenisnya berdasarkan bentuk tubuh. Semoga dnegan penjelasan singkat ini berguna dan bermanfaat buat kalian yang membutuhkan.

Jangan lupa, like dan share artikel ini di sosmed kamu ya! Dan jangan lupa juga like fanpage facebook blog ini!

Posting Komentar untuk "Bakteri dan Bentuk - Bentuk Tubuhnya"